background img

PII DEKLARASIKAN DUKUNGAN IKN

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyatakan dukungan terhadap pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut tertuang dalam hasil keputusan Rapat Pimpinan (Rapimnas) yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan, pada Sabtu (21/1) malam.

Salah satu Deklarasi yang dinyatakan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yakni dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Khusus untuk Kaltim, PII menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara ini,” kata Ketua Umum PII, Danis Hidayat Sumadilaga di dalam sambutannya.

Danis mengatakan, inti dari pelaksanaan kegiatan tersebut yakni untuk mencoba mendapatkan masukan sejauh mana arah perkembangan dari pembangunan di Indonesia khususnya Kalimantan Timur.

“Agar betul-betul kami dapat menyusun program kerja yang memberikan kontribusi pemikiran untuk mendukung pembangunan di Indonesia dan khususnya untuk Kaltim,” ujarnya.

Selain itu, ditambahkannya, bahwa PII juga sejatinya membangun suatu hubungan secara internasional, di mana pihaknya sudah melakukan hubungan dengan berbagai negara ASEAN.

“Jadi kami juga akan mengadakan pertemuan pada akhir bulan ini untuk seluruh insinyur di ASEAN.

Bahkan, para gelar insinyur kami ini sudah diakui di ASEAN dan beberapa negara lain,” akunya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengasperasi PII yang merespon dan mendukung penuh terhadap IKN. Kendati begitu, ia meminta agar urusan terkait insinyur jangan sampai dikait-kaitkan ke politik.

“Saya bersyukur seluruh insinyur di ruangan ini mendukung dan merespon positif dengan rencana Ibu Kota Nusantara,” tuturnya.

“IKN itu dibangun atas kebutuhan bangsa dan negara, milik rakyat dan generasi muda. Apalagi untuk pemerataan ekonomi di luar Jawa,” sambungnya.

Untuk diketahui, adapun isi dari hasil Deklarasi Balikpapan Rapimnas PII 2023 yaitu:
Mempercepat proses digitalisasi dan inovasi di berbagai bidang.

Mendukung percepatan hilirisasi industri dan mendorong peningkatan kedaulatan industri nasional secara komprehensif.

Mendorong pemerintah dan seluruh pihak untuk meningkatkan TKDN berbasis inovasi.

Meningkatkan kapasitas keinsinyuran yang handal dan berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan operasional IKN.

Mendukung pembangunan kota yang ikonik sesuai dengan potensi dan karakteristiknya agar terwujud kota yang inklusif, berkelanjutan, berketahanan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mendorong anak bangsa untuk menempuh pendidikan, pelatihan dan pengembangan keprofesian keinsinyuran berkelanjutan.

Mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan standar remunerasi insinyur.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.