background img

PETUGAS LAPAS RAZIA SAJAM

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Balikpapan melakukan razia seluruh kamar warga binaan, Kamis (8/4).

Sejumlah instansi terlibat dalam giat tersebut, mulai dari BNNK Balikpapan, Polresta Balikpapan, Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Kaltimtara, Pemasyarakatan Lapas Balikpapan, Pemasyarakatan Rutan Balikpapan, dan Pemasyarakatan Bapas Balikpapan.

Dari razia ini, tim gabungan menyita sejumlah barang. Mulai dari sendok tiga buah, korek api 42 buah, handphone (HP) lima buah, cukuran kumis 26 unit, kipas angin tujuh unit, speaker satu unit, sajam/cutter dua buah, kabel stop kontak 20 unit, charger empat unit, dan potongan kuku enam buah.

“Selain itu ada juga ikat pinggang sembilan buah, tali satu buah, pecahan cermin satu buah, mata grinda satu unit, penggaris besi satu buah, serta aksesoris atau kalung dan cincin tiga buah,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim, Jumadi, kepada awak media.

Barang-barang tersebut, lanjut Jumadi, disita karena berbahaya. Yakni berpotensi dimanfaatkan oleh warga binaan untuk melakukan tindak pidana.
“Barang-barang ini berbahaya. Makanya kami ambil.

Seperti ikat pinggang, kami sita untuk menghindari adanya semacam gantung diri dan sebagainya. Kemudian sendok, itu bisa dibuat pisau. Tentu sangat berbahaya,” ungkapnya.
Keseluruhan barang sitaan tersebut didata, selanjutnya akan dimusnahkan bertepatan pada Hari Bakti Pemasyarakatan 27 April 2021 nanti.
“Akan dimusnahkan. Tentu kami akan terus berupaya meningkatkan kinerja dengan tetap konsisten dan berkomitmen melaksanakan pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban,” ucapnya.

Ditanya bagaimana barang tersebut sampai ke tangan warga binaan, Jumadi menyebut jika besar kemungkinan melalui kunjungan atau titipan barang.
“Kalau di Lapas itu barang masuknya hanya satu pintu. Kemungkinan melalui kunjungan, titipan barang dan lain sebagainya. Tapi pada intinya kita tidak khawatir dengan barang yang masuk ini. Dan ke depannya akan diperketat untuk kunjungan,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *