background img

PERUSAHAAN WAJIB SIAPKAN TEMPAT ISOLASI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Setiap perusahaan di Kota Balikpapan wajib untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi para pekerja yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Wali Kota Balikpapan PPKM Mikro Ketat bernomor 300/2589/pem, yang ditandatangani tanggal 2 Juli 2021 lalu.

“Masing-masing menyiapkan jika ada kasus terkonfirmasi positif di lingkungan perusahaan. Baik yang tanpa gejala maupun yang bergejala ringan,” kata Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Minggu (4/7) sore.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Juri Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu, turut melibatkan Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) untuk pendataan.

“Tempatnya itu terdata, kita bekerja sama dengan Disnaker. Mereka (perusahaan) wajib melaporkan ke Disnaker,” ungkap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Dalam edaran tersebut, setiap perusahaan juga wajib melaksanakan From Home (WFH) 50 persen. Kemudian, wajib membentuk Satgas Covid-19.

“Ya, WFH 50 persen. Dan semua perusahaan harus membentuk Satgas. Perusahaan juga wajib memberikan
sanksi atau punishment kepada karyawan yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

Instruksi tersebut wajib dijalankan perusahaan. Jika tidak, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan dapat memberikan teguran dan juga tindakan tegas.

“Ada surat teguran dari Bapak Wali Kota, jika masih tidak diindahkan lagi ya sanksi. Tetapi kita akan harus menelusuri betul apakah itu penularan di perusahaan. Bisa saja dari rumah dibawa ke kantor jadi memang harus dicek baik-baik,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *