background img

PERUSAHAAN WAJIB SEDIAKAN TEMPAT ISOLASI MANDIRI

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Di tengah situasi pandemi Covid-19, setiap perusahaan diwajibkan menyediakan ruangan isolasi mandiri bagi karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kebijakan ini diterapkan sebagai upaya untuk melakukan percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 termasuk di lingkungan perusahaan.

“Memang ada regulasi yang menyebutkan bahwa setiap tempat kerja harus menyediakan tempat isolasi bagi karyawannya,” kata Dr Halidina dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan ketika menjadi narasumber dalam Talkshow di Radio KPFM Balikpapan, Kamis (12/8).

Menurutnya, sesuai dengan aturan
untuk isolasi karyawan itu ada 4 cara, yang pertama ada bisa di rumah sendiri, kemudian di mess atau di tempat yang disediakan oleh perusahaan, bisa juga di hotel yang sudah terverifikasi oleh Satgas Kota untuk dijadikan tempat isolasi, kemudian bisa juga di selter yang sudah disediakan oleh pemerintah kota diantaranya ada di Asrama Haji Batakan, Hotel Grand Tiga Mustika, Tennis Stadium dan Wisma Inhutani.

Namun khusus untuk tempat-tempat yang disediakan oleh pemerintah sebenarnya lebih ditujukan untuk tenaga kesehatan dan masyarakat yang memang tempatnya tidak mampu untuk melakukan isolasi mandiri.

Untuk karyawan perusahaan lebih dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di hotel-hotel yang sudah terverifikasi oleh pemerintah kota dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan.

Dalam kesempatanya, Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah segera sudah mendaftarkan atau melaporkan diri ke Puskesmas setempat, untuk dilakukan pengawasan terkait kondisi pasien yang bersangkutan.

“Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk pengantaran obat-obatan bisa dilakukan oleh RT atau kader setempat atau keluarga pasien. Jadi bukan pasien yang bersangkutan yang mengambil sendiri ke Puskesmas,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *