background img

PERUMDA AJUKAN PENAMBAHAN MODAL

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Manuntung Sukses mengajukan penambahan penyertaan modal.
Tambahan modal ini diharapkan dapat meningkatkan peran Perumda Manuntung Sukses untuk lebih produktif, termasuk dalam menghasilkan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Target tersebut akan memperbaiki citra Perumda Manuntung Sukses yang sempat disorot karena hanya mampu menyumbang PAD sebesar Rp 17 juta per tahun. Dengan penyertaan modal yang telah ditanamkan oleh pemerintah kota mencapai Rp 40 miliar.
Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses Andi Sangkuru menyampaikan, sesuai dengan Perda nomor 4 tahun 2018, Perumda Manuntung Sukses memiliki 9 unit usaha di antaranya bergerak di sektor properti, pasar, parkir, tenaga kerja dan advertising.
Tapi untuk menjalankan 9 unit usaha tersebut, ia menyebutkan butuh penyertaan modal, butuh investasi dan butuh perizinan yang cukup panjang.
“Kalau kami tetap fokus kepada 9 unit ini mungkin hingga 3 tahun ke depan belum ada pemasukan bagi Perumda Manuntung Sukses,” katanya kepada wartawan, Jumat (11/2)
Sambil menunggu proses itu berjalan, pihaknya telah membuat program usaha di luar 9 unit usaha yang ditetapkan yakni general trading atau jual-beli yang diharapkan bisa memberikan pemasukan bulanan.
“Misalnya KIK, itu memang menggunakan lahan milik Pemkot tapi untuk menjalankannya kami membutuhkan penyertaan modal. Untuk mendapatkan penyertaan modal tersebut harus ada birokrasi yang dilewati, dan kami masih mempelajari prosedur penyertaan modal untuk Perumda itu seperti apa,” jelasnya.
Misalnya untuk properti butuh sekitar 3 tahun untuk balik modal karena membutuhkan proses pembebasan lahan kemudian membangun dan menjualnya.
“Untuk pelabuhan, itu bisa membutuhkan biaya hingga Rp 150 miliar, membutuhkan waktu hingga 3 tahun untuk target balik modal. Sedangkan untuk properti untuk satu hektar saja itu membutuhkan sekitar 50 miliar,” terangnya.
Namun dirinya tidak merincikan berapa total permohonan penambahan penyertaan modal yang diajukan oleh Perumda Manuntung Sukses.
“Kami tetap mengajukan permohonan penambahan penyertaan modal pelan-pelan. Untuk totalnya saya nggak confirm, ada semua sudah saya ajukan,” ungkapnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.