background img

PERTUMBUHAN PENDUDUK BALIKPAPAN MASIH NORMAL

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum berdampak pada pertumbuhan penduduk di Kota Balikpapan sebagai daerah penyangga.
Kepala Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, penambahan penduduk di Kota Balikpapan saat ini masih normal.
“Rata-rata setiap bulannya sebanytak 1.000 jiwa. Atau sekitar 6.000 jiwa dalam enam bulan terakhir. Itu sebenarnya masih normal,” kata Helmi, Senin (11/4).
Menurut Helmi, penambahan jumlah penduduk itu berasal dari kelahiran maupun pendatang. Bukan karena dampak IKN. Bahkan saat akhir tahun kemarin indeks pertumbuhan penduduk di Kota Balikpapan hanya sekitar 1,2 persen.
“Kita lihat nanti. IKN ini kan belum terlalu signifikan kelihatan, karena pembangunannya belum besar. Akhir tahun kemarin pertumbuhan penduduk kita sekitar 1,2 persen,” ungkapnya.
Pada 2009-2010, lanjut Helmi, sempat mencapai empat persen indeks pertumbuhan penduduk. Atau mencapai 2.500 jiwa per bulan. Saat itu harga batubara masih tinggi. “Kita pernah tembus sampai empat persen pertumbuhan penduduk, saat batubara sedang ramai,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.