background img

PERTAMINA SALURKAN MODAL 7 M UNTUK UMKM

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pertamina menyalurkan pinjaman modal usaha hingga tujuh miliar untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah di Kalimantan, Rabu (16/6) di Kantor Pertamina Marketing Operations Region (MOR) Kalimantan.

Dari angka tujuh miliar tersebut, satu miliar di antaranya untuk pelaku UMKM sektor perbengkelan, kemudian 1,1 miliar untuk sektor industri rumah tangga penggunaan bright gas dalam program endorse pinky movement.

Sisanya lima miliar untuk program peternakan penggemukkan sapi, sekaligus pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas dalam upaya mendukung pengembangan energi baru terbarukan bagi lingkungan rumah tangga.

“Ini salah satu program kerja Pertamina dalam upaya mendukung perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang tersebar di seluruh wilayah operasional Pertamina,” kata Unit Manager Communication Relations & CSR MOR VI Pertamina Regional Kalimantan Susanto August Satria dalam siaran pers yang diterima KPFM.

Program ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan atau TJSL Pertamina dalam Pertamina Berdikari yang merupakan satu dari empat pilar TJSL Pertamina.

“Tiga sektor lainnya antara lain Pertamina Cerdas yang fokus kepada kegiatan pendidikan, Pertamina Sehati untuk program kesehatan dan Pertamina Hijau untuk kegiatan penghijauan,” tuturnya.

Hingga saat ini, lanjut Susanto, implementasi program kemitraan tahun 2021 Pertamina Regional Kalimantan sudah mencatatkan penyaluran modal usaha sekitar 13,2 miliar kepada pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Kalimantan.

Mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara yang terdiri dari berbagai sektor usaha. Seperti industri rumah tangga, perdagangan, peternakan hingga jasa.

“Semoga pinjaman modal usaha ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM dan lingkungan sekitarnya,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *