background img

PERPUSTAKAAN KUTIM BERI HADIAH RIBUAN BUKU

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Kabupaten Kutai Timur, sebanyak 5000 (lima ribu) eksemplar buku diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltim yang didistribusikan melalui DPK setingkat kecamatan dan desa di Kutai Timur.

Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Kepala DPKP Kaltim Syafranuddin secara simbolis menyerahkan bantuan buku dan pojok baca kepada Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman setelah upacara peringatan HUT di Halaman Kantor Bupati, Rabu (12/10/2022).

Syafranuddin menjelaskan selain memberikan 5000 eksemplar buku, bahkan ada yang mendapat bantuan pembangunan perpustakaan.

“Tahun ini, kami menyerakan sekitar 5000 eksemplar buku pada Dinas Perpustakaan Kutim yang akan diberikan pada beberapa Kecamatan, kelurahan dan desa. Termasuk bantuan pembangunan perpustakaan di Kecamatan, Kelurahan dan Desa. Bantuan ini dibiayai dari anggaran Pendapatan Belanja Perubahan DPK Provinsi,” katanya saat dikonfirmasi.

Diakui pria yang akrab disapa Ivan ini, penyerahkan buku yang dilakukan ke berbagail perputakaan di Kaltim, dilakukan semata untuk meningkatan minat baca bagi semua kalangan. Bahkan, petani diharapkan bisa membaca di perpustakaan, untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam bercocok tanam.

“Bahkan mereka ini lebih bagus, karena bisa membaca, sekaligus menerapkan apa yang dibaca saat mereka bercocok tanam,” ucapnya.

Disebutkan, di antara Perpustakaan yang akan menerima bantuan buku adalah Perpustakaan Desa Swarga Bara Sangatta utara sebanyak 720 judul sebanyak 2.160 eksemplar.

Bantuan Buku untuk Perpustakaan Desa Singa Geweh 720 judul sebanyak 2160 eksemplar. Perpustakaan Kecamatan Muara Ancalong mendapat 100 eksemplar. Kemudian Perpustakaan Kecamatan Sangkulirang mendapat hadiah 400 eksemplar. Lalu bantuan buku untuk Taman Baca Lemba Lestari sebanyak 110 eksemplar.

“Dalam bantuan pembuatan Perpustakaan, Desa Singa Geweh seluas 115 M2 senilai Rp 200 juta lalu ada di Desa Sangatta Selatan seluas 115 M2 bernilai sama yakni Rp200 juta,” terang Ivan.

Selain menyerahkan bantuan buku atau pembangunan Perpustakaan, DPK Kaltim juga menyerahkan kartu anggota Perpustakaan Kaltim pada Pejabat Kutim, seperti Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, serta Sekertaris Kabupaten Rizali Hadi. (adv)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.