background img

PERKUAT KETAHANAN IKN

5 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia turut mengawal dan mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Salah satunya dengan penguatan ketahanan nasional yang terus digencarkan.

Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto mengatakan, sejak IKN dipindahkan ke Kaltim dirinya mendapat instruksi dari Presiden untuk turut serta memperkuat ketahanan nasional di wilayah Kalimantan, khususnya di IKN.

“IKN menjadi salah satu perhatian khusus ketika saya dilantik menjadi gubernur Lemhanas oleh Presiden. Dengan melakukan program-program untuk memperkuat ketahanan IKN,” katanya usai membuka pelatihan di Hotel Platinum Balikpapan, Senin (20/6).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya banyak melakukan kegiatan pelatihan di Kalimantan. Belum lama ini Lemhanas sudah menggelar sejumlah kegiatan untuk penguatan ketahanan nasional di Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur.

“Kami akan terus berkunjung ke Balikpapan karena ada proses perpindahan IKN sampai tahun 2024,” ungkapnya.

Dia berharap dalam kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situasi politik global, dinamika yang terjadi secara global. Sebab hal ini sangat penting diketahui lantaran peristiwa yang terjadi di dunia juga bisa berdampak bagi Indonesia khususnya disetiap daerah, tanpa terkecuali di Kaltim.

“Harapannya dari kegiatan ini sebagai penguatan kebangsaan, salah satu ciri khas dari Lemhanas adalah ketahanan nasional, mempekuat kesadaran geopolitik. Kita tidak bisa lepas dari dinamika yang ada di global, jadi saya jelaskan pandemic global dan perang Rusia Ukraina. Jadi kesadaran geopolitik itu juga yang akan disampaikan kepada peserta pelatihan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.