background img

PERIZINAN UMKM SEMAKIN MUDAH

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah dan koperasi dalam meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi di tengah situasi pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan memberikan kemudahan pengurusan perizinan berusaha kepada pelaku usaha UMKM dan koperasi.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, dengan hadirnya Undang-undang Cipta Kerja merupakan bentuk perhatian dari pemerintah yang begitu besar terhadap dunia UMKM.

Karena dari 54 PP dan Perpres yang sudah dikeluarkan, ada 11 cluster tersendiri yang memuat program untuk mendukung pertumbuhan UMKM.

Kebijakan ini, tentunya juga bertujuan untuk meningkatkan peran UMKM dalam berkembang untuk meningkatkan kemampuan modal. Tentunya, dengan segala kemudahan yang diberikan para UMKM sehingga perizinannya bisa terpenuhi.

“Kalau dulu mereka harus memenuhi banyak izin ya di antaranya SIUP, izin gangguan, kemudian domisili. Tapi untuk sekarang cukup dengan NIB saja. Ke depan masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus NIB, karena dilakukan secara online,” ujar Elvin dalam program Talkshow di Radio KPFM Balikpapan, Kamis (23/9).

Ia berharap dengan segala kemudahan yang diberikan dapat mendorong pertumbuhan UMKM khususnya di Kota oBalikpapan agar bisa menjadi besar dalam omenopang pertumbuhan ekonomi. Karena bisa dilakukan dari rumah melalui website oss.go.id.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak yang belum memiliki izin agar segera mengurus perizinan.

“Memang untuk saat ini kami terkendala situasi pandemi. Kalau dulu kita buka loket perizinan mall, tempat keramaian, untuk mengajak masyarakat mengurusi perizinan termasuk memberikan pelayanan langsung di lokasi tersebut. Namun nanti kalau sudah turun statusnya kami berencana akan turun kembali melakukan sosialisasi ke masyarakat, karena kami ada program namanya jemput bola atau disebut si jempol,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *