background img

PENYUSUNAN APBD 2023 SESUAIKAN PERKEMBANGAN IKN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kota Balikpapan mulai menyusun sejumlah program untuk menyikapi rencana tahapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah Kalimantan Timur.

Sejumlah program tersebut akan dimasukkan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2023 mendatang.

Kebijakan ini menyusul jadwal pembangunan konstruksi kawasan Ibu Kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang bakal dimulai pada Agustus 2022 ini.

Sejumlah program tersebut saat ini masih dalam tahap proses pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk APBD Tahun 2023.

“Dalam penyusunan KUA-PPAS Tahun 2023, kita akan diselaraskan dengan perkembangan IKN,” kata Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Balikpapan Subari ketika diwawancarai wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Jumat (29/7).

Sejumlah program yang akan diselaraskan dengan perkembangan IKN, di antaranya menyangkut dengan program Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang dan Dinas Perizinan.
Karena posisi Kota Balikpapan yang akan menjadi kota penyangga sekaligus gerbang IKN akan banyak terdampak.

“Memang ada banyak hal yang terkait tentunya, di antaranya dengan adanya perkembangan IKN ini maka berdampak yang luar biasa, makanya kami mengingatkan kepada perizinan dan DPPR harus siap untuk menyusun regulasi terkait hal tersebut,” ujarnya.

Ia menerangkan, hasil pembahasan KUA PPAS ini akan dilanjutkan dengan pembahasan di Badan Anggaran sebelumnya, ditetapkan menjadi APBD Kota Balikpapan Tahun 2023.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.