background img

PENYUNTIKAN BOOSTER VAKSIN DIMULAI

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan mulai melaksanakan pemberian vaksinasi ketiga atau booster vaksin Covid-19, Rabu (12/1).

Pemberian booster vaksin ini secara perdana akan dilaksanakan di BSCC Dome Balikpapan, mulai pukul 14.00 Wita.

“Kami tunggu-tunggu rilis bapak Presiden dan Pak Menkes keluarnya baru kemarin sore menjelang malam. Jadi persiapan acara kami mundurkan siang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti selaku Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan.

Pemberian booster vaksin ini, untuk hari pertama akan difokuskan kepada sekitar 750 peserta pernah mendapatkan vaksin jenis Aztra Zeneca dosis satu dan dua minimal enam bulan yang lalu.

Sedangkan untuk peserta vaksin yang pernah diberikan vaksin jenis Sinovac dosis satu dan dua minimal enam bulan yang lalu, dijadwalkan akan diberikan booster vaksin pada Kamis, 13 Januari 2022.

“Siang nanti kami mulai Kick Off vaksinasi covid-19 dosis lanjutan (booster) bagi yg riwayatnya telah mendapatkan dosis 1 dan 2 Astrazeneca minimal 6 bulan lalu

Bagi yg telah mendapatkan dosis 1 dan 2 Sinovac minimal 6 bulan lalu akan kami buka pendaftaran besok. Namun yg akan simbolis divaksin di panggung nanti ada perwakilan Sinovac,” ujarnya.

Ia menerangkan mengapa dilakukan pemisahan jadwal antara vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca, supaya pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan tertib dan vaksinator juga perlu beradaptasi dengan teknik baru.

Ia menambahkan sesuai arahan dari Menteri Kesehatan, bahwa peserta yang telah diberikan vaksin jenis Sinovac dosis satu dan dua dapat diberikan booster vaksin jenis Pfizer atau Astrazeneca. Sedangkan peserta yang telah diberikan vaksin jenis Astrazeneca dosis satu dan dua dapat diberikan booster vaksin jenis Moderna.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *