background img

PENYEBAB SUARA MESIN MOTOR MATIC KASAR

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Skuter matic merupakan salah satu jenis sepeda motor yang banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri sering kita temui orang-orang banyak yang berkendara dengan skuter matic. Pengguna sepeda motor matic memang lebih beragam karena bisa digunakan oleh tua muda, laki-laki, dan juga perempuan.
Dalam hal ini motor matic memang merupakan jenis motor yang begitu digemari khususnya di Indonesia. Jika dibandingkan dengan motor jenis lainnya, motor matic memang terbilang cukup mahal. Namun, meskipun motor ini cukup laris, bukan berarti penggunaannya aman-aman saja. Karena setiap kendaraan perlu dirawat. Apabila pengguna tidak suka merawatnya maka akan rentan terjadi kerusakan terutama pada bagian mesinnya.
Dan salah satu yang sering sekali kita jumpai ialah masalah mesin yang terdengar kasar dan juga terkadang kurang bertenaga. Nah jadi semestinya kita harus rajin dalam merawat motor ini lalu anda juga harus mengetahui penyebabnya.
Pada pembahasan berikut ini kami akan membahas penyebab suara mesin motor matic kasar. Nah, apa saja sih penyebab sara motor matic yang kasar saat digas, berikut ini adalah 8 penyebabnya.

ROLLER
Kondisi pertama yang bisa menyebabkan timbulnya suara yang tidak enak didengar saat gas ditarik pada motor matic yaitu roller yang sudah peyang. Kondisi ini biasanya ditimbulkan ketika roller sudah tidak berbentuk seperti semula. Yang tadinya berbentuk bulat, bisa jadi sudah hancur tidak berbentuk. Akibat lain yang juga bisa ditimbulkan selain suara yang tidak enak didengar yaitu performa motor yang menurun.
Sabuk V-belt
Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atau crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

PLASTIK SLIDER
Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

SECONDARY SLIDING SHAVES
Secondary Sliding Shaves atau juga yang disebut Face Set Moveable yang tidak lagi memiliki kondisi yang bagus. Bagian ini berfungsi mendorong belt, tetapi kenyataannya malah aus.

KAMPAS KOPLING
Sering-sering perhatikan kampas kopling Anda. Kampas kopling yang sudah menipis bisa menimbulkan suara berdecit dan tidak nyaman didengar. Biasanya mesin sudah terlihat bekerja sangat keras tetapi ternyata tarikan tidak terlalu kencang.

MANGKOK KOPLING
Casing dan Mangkok Kopling (Cluth House)
seringk[ali perlu direkatkan kembali agar tidak timbul bunyi yang mengganggu. Memang terkadang dalam waktu yang cukup lama, lem perekat kedua bagian ini bisa habis. Cara mengatasinya juga cukup mudah, yaitu hanya perlu memberikan lem (seperti lem besi) pada bagian tersebut.

GEARBOX
Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.

GAS BERLEBIHAN
Dan yang terakhir yaitu kondisi yang dianggap lumrah tetapi sebenarnya membuat performa motor bisa menurun yaitu gas yang berlebihan. Jangan gunakan motor matic Anda untuk segera melaju dengan kencang setelah dari kondisi diam. Hal ini lama kelamaan bisa membuat suara motor matic menjadi kasar.
“Demikianlah 8 penyebab suara motor matic kasar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan tetap menjaga kendaraan agar terus dalam kondisi yang prima dan jangan lupa #cari_AMAN saat berkendara,” ujar Daniel Natanael Toghas selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.