background img

PENUMPANG SAMS CAPAI 188 RIBU

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Arus balik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mulai menurun. Seiring berakhirnya masa libur Idul Fitri tahun 2022.

PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan memprediksi masih ada pemudik yang belum kembali dari kampung halamannya.

“Belum semuanya kembali. Kemungkinan minggu depan. Kita tetap siaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk jika terjadi lonjakan,” kata GM PT Angkasa Pura I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Rika Danakusuma, Rabu (11/5).

Berdasarkan data yang tercatat di posko, lanjut Rika, puncak arus balik sudah terjadi pada H+4 Idul Fitri. Dengan total pergerakan penumpang mencapai 14.349 orang.

“Paling banyak kedatangan dari daerah Makassar, Surabaya dan DKI Jakarta. Tiga daerah itu juga menjadi tujuan utama pemudik kemarin,” ungkapnya.

Ditanya total pergerakan penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama periode mudik dan balik tahun 2022 ini, Rika menyebut jumlah mencapai 188 ribu orang.

Jumlah itu mengalami peningkatan 18 persen jika dibanding tahun sebelumnya.

“Naik dari tahun lalu, karena ada larangan dari pemerintah untuk mudik. Tapi kalau dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 tentu masih lebih rendah,” ucap Rika.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.