background img

PENUKARAN UANG CAPAI 1,68 TRILIUN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Balikpapan memproyeksikan kegiatan penukaran uang saat Ramadan dan Lebaran tahun 2021 ini mencapai Rp 1,68 Triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Balikpapan Sri Darmadi Sudibyo mengatakan, angka tersebut naik sekitar 89 persen dari realisasi penukaran uang pada tahun 2020 lalu, yang hanya mencapai sekitar Rp 890 miliar.

Peningkatan itu diperkirakan kondisi perekonomian yang mulai pulih seiring dengan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah.

“Dari hasil diskusi di tiga wilayah kerja BI Balikpapan, PPU dan Paser ada peningkatan daya beli karena pulihnya aktivitas ekonomi seiring dengan vaksinasi yang terus berjalan,” katanya dalam kegiatan webinar, Jumat (23/4).
Menurutnya, proyeksi kebutuhan penukaran uang tersebut diperoleh dari hasil pemetaan kebutuhan di masyarakat di masing-masing daerah secara akumulatif di tiga wilayah, Balikpapan, PPU dan Paser.

Dari jumlah tersebut berdasarkan kebutuhan per harinya diproyeksi kebutuhan uang di tiga wilayahkan untuk uang pecahan besar Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu sebesar Rp1,55 triluun. Dan uang pecahan kecil Rp 143 miliar uang kecil dengan nominal pecahan Rp 20 ribu ke bawah.

“Di sisi stok cukup untuk penuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Lebaran baik dari sisi nominal dan pecahan,” katanya.

Ia menambahkan, KPw BI Balikpapan juga telah bekerjasama dengan perbankan Balikpapan, PPU dan Paser untuk membuka melayani penukaran uang pecahan.

Khusus di Balikpapan ada 115 kantor cabang perbankan kota yang sudah dibuka sejak 11 April hingga 11 Mei.
Dengan adanya outlet penukaran uang, Kantor Perwakilan BI Balikpapan kini tidak membuka outlet penukaran karena telah dilakukan di masing-masing kantor cabang perbankan.

Ia mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang di outlet resmi perbankan. Hal ini untuk menghindari risiko yang dapat terjadi apabila melakukan masyarakat penukaran tidak di outlet resmi.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *