background img

PENUH, RSKD TAK LAGI TERIMA PASIEN COVID-19

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan benar-benar membuat rumah sakit kewalahan.

Bagaimana tidak, dari 11 rumah sakit yang menangani Covid-19 hanya tersisa 27 tempat tidur untuk merawat pasien yang terpapar.

“Kondisi di rumah sakit, dari 11 rumah sakit yang menangani Covid-19 dengan fasilitas tempat tidur 453, terisi 426. Ini menjadi perhatian kita,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan Rizal Effendi, Senin (18/1).

Begitu juga dengan ruang Intensive Care Unit (ICU), hanya tersisa tiga tempat tidur. Itu pun untuk bayi dan anak-anak. “Hanya tersisa untuk anak-anak di ruang ICU,” ujarnya.

Kemudian, khusus untuk Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) untuk sementara tak bisa lagi menerima pasien rujukan Covid-19 karena sudah terisi penuh.

“Ini harus kita waspadai, karena RSKD adalah rumah sakit rujukan utama pasien Covid-19 kita,” ungkap Wali Kota Balikpapan itu.

Rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kaltim itu pun saat ini tengah mengajukan penambahan ruangan maupun tempat tidur ke Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

“Lagi mengajukan persetujuan ke Gubernur, karena ruangan yang ada sudah tidak mampu lagi mengisi. RSKD ini memiliki 142 tempat tidur perawatan pasien Covid-19, semuanya sudah terisi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *