background img

PENGUNDURAN DIRI TOHARI DIDEADLINE 28 SEPTEMBER

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mulai membuka kembali jadwal perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 mulai tanggal 10 hingga 12 September 2020 mendatang.

Pelaksanaan perpanjangan ini dilakukan karena hingga saat ini, hanya pasangan bakal calon kepala daerah Rahmad Mas’ud – Tohari Azis masih menjadi satu-satunya yang telah mendaftarkan secara resmi ke KPU Kota Balikpapan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Mega Fariany Ferry mengatakan, secara umum hasil verifikasi awal terhadap berkas yang telah dimasukkan oleh pasangan Rahmad-Tohari sudah lengkap.

Tohari Azis yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan telah melampirkan surat pernyataan pengunduran diri sebagai anggota legislatif.

“Secara umum persyaratan yang diserahkan oleh pasangan Rahmad Mas’ud – Tohari ke KPU Balikpapan sudah lengkap, formulir BB1KWK atau berkas surat pernyataan pengunduran diri dari Tohari sebagai anggota legislatif juga sudah diserahkan,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Kamis (10/9).

Menurutnya, sesuai dengan peraturan KPU ketika mendaftar apabila ada salah satu calon atau pasangan yang berstatus sebagai anggota legislatif wajib melampirkan surat pernyataan pengunduran diri.

Surat pengunduran diri yang diserahkan juga wajib diajukan kepada Ketua DPRD Kota Balikpapan untuk diserahkan kepada Gubernur Kaltim.

Ia menerangkan, sesuai dengan peraturan KPU, setiap bakal calon kepala daerah yang berstatus sebagai anggota legislatif wajib menyerahkan tanda terima dari instansi yang bersangkutan yakni Pemerintah Provinsi Kaltim yang menyebutkan bahwa pengajuan pengunduran diri yang bersangkutan masih dalam proses.

Surat tanda terima tersebut wajib diserahkan oleh pasangan calon yang bersangkutan terhitung lima hari sejak jadwal penetapan pasangan calon kepala daerah di Pilkada Kota Balikpapan.

“Jadwal penetapan calon itu tanggal 23 September, jadi tanggal 28 September harus sudah diserahkan,” ujarnya.

Tohari Azis yang diwawancarai wartawan mengatakan, bahwa dirinya telah mengajukan pengunduran dirinya melalui formulir pernyataan bersedia mengundurkan diri di KPU.

Sementara untuk pengajuan kepada ketua DPRD akan diajukan paling lambat lima hari setelah jadwal penetapan penetapan calon.

“Karena penetapan nanti tanggal 23 September, berarti itu paling lambat tanggal 28,” katanya.

Sedangkan terkait proses pergantian terhadap dirinya dari jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, ia menjelaskan bahwa hal tersebut sepenuhnya diserahkan kepada mekanisme partai di

fraksi PDI Perjuangan.

Menurutnya, sebenarnya sudah ada beberapa nama sesuai dengan peserta pemilu legislatif tahun lalu yang dinominasikan untuk menggantikan posisinya sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan. Namun harus dilakukan fit and proper test untuk menentukan kelayakannya sesuai dengan aturan partai.

“Pokoknya bulan ini saya sudah mundur. Saya sudah rapat dengan fraksi, sudah siap-siap,” ungkapnya..

Sementara di internal partai mengenai pembahasan ini menurutnya harus terlebih dahulu memprioritaskan mengenai pemenangan atas dirinya. “Kerja dulu, pemenangan dulu. Sudah kami pikirkan lah,” tutupnya. (MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *