background img

PENGGOLONGAN SIM C TUNGGU PETUNJUK

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Mulai bulan Agustus 2021 ini, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan peraturan baru terkait penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk pengemudi sepeda motor.

Merujuk pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM menyebutkan ada tiga jenis SIM C berlaku. Yakni SIM C, CI, dan CII.

Perihal itu, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata mengatakan jika pihaknya belum memberlakukan kebijakan tersebut.

“Untuk SIM C, C1, C2 belum kita berlakukan,” kata Kombes Pol Singgamata kepada awak media di BSCC Dome belum lama ini.

Saat ini, lanjut Singgamata, pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Korlantas Polri. Baik itu petunjuk teknis maupun terkait materialnya.

“Belum kita terbitkan, masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Korlantas. Kapannya kita menunggu saja,” ungkapnya.

Dilansir humas.polri.go.id, yang membedakan tiap jenis SIM tersebut adalah kapasitas isi silinder mesin kendaraan.
SIM C misalnya, berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

Sementara SIM C1 untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 sampai 500 cc atau atau atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Sedangkan, SIM CII berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *