background img

PENGGANTI THOHARI TETAP DARI PDIP

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Prosesi pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz digelar, Senin (31/5) besok.

Keduanya unggul melawan kolom kosong di Pilkada Serentak 2020 lalu, dengan persentase perolehan suara sebesar 62,4 persen.

Sesuai jadwal, pelantikan akan dilakukan langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor di Kota Samarinda. Pada kesempatan itu, almarhum Thohari Aziz tetap akan dilantik.

Dari pelantikan itu, koalisi partai pengusung harus menyusun dua nama yang bakal menggantikan posisi Thohari. Kemudian diserahkan ke DPRD

Balikpapan. Mekanisme ini merujuk Pasal 176 Ayat 2 UU 10/2016 tentang Pilkada.

Namun PDI Perjuangan (PDIP) yang kehilangan ujung tombaknya tentu tak begitu saja terima jika posisi wakil wali kota terpilih diambil partai lain dalam jajaran koalisi.

Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Safaruddin.

“Ya tetap dari PDIP. Mudah-mudahan. Kita mengharapkan begitu. Kita akan segera ajukan ke Wali Kota terpilih Rahmad Mas’ud setelah pelantikan. Cuma sekarang kita konsultasikan ke DPP,” kata Safaruddin saat dikonfirmasi, Minggu (30/5).

Safaruddin mengharapkan kepada Rahmad Mas’ud untuk tetap memilih PDIP. Bukan tanpa sebab, baginya yang berkeringat adalah PDIP.

“Ya milih PDIP dong. Kan yang berkeringat PDIP. Masa enggak keringat apa-apa terus mau jadi. Kalau mau harus berkeringat dong, masa keringat orang mau dipakai,” ungkapnya.

Partai-partai pengusung, lanjut Safaruddin, sudah mengerti tentang hal itu. Dalam berpolitik ada etika dan juga hati nurani.

“Itu yang selalu saya sampaikan bahwa dalam berpolitik ini ada etika dan hati nurani. Saya kira partai-partai di Balikpapan juga mengerti tentang itu. Kalau ada yang enggak mengerti berarti enggak punya etika,” ucapnya.

Ditanya terkait siapa calon atau nama yang akan diajukan oleh PDIP, Safaruddin enggan berkomentar terlalu jauh. “Kita tunggu dari DPP. Kita konsultasikan ke DPP. Nanti kita sampaikan. Pokoknya dari PDIP,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *