background img

PENGANTEN VIRAL BISA BERUJUNG KE PIDANA

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pesoalan penganten viral di media sosial yang melangsungkan resepsi pada 5 Desember 2020 lalu setelah terkonfirmasi positif Covid-19, dan harus menjalani isolasi mandiri masih berlanjut.

Tim Satgas Covid-19 Kota Balikpapan saat ini telah berkonsultasi dengan pihak Kepolisian untuk menindaklanjuti pelanggaran protokol kesehatan ini secara pidana.

Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat pers rilis penyampaian perkembangan update wabah Covid-19 di Balikpapan, Selasa (8/12) sore.

“Kita lagi berkonsultasi dengan kepolisian ada kemungkinan yang bersangkutan akan kita tindaklanjuti pelanggaran protokol kesehatan secara pidana,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu.

Di samping itu, pihaknya juga telah menghentikan rangkaian acara dari pernikahan tersebut.

“Melalui Satpol PP telah datang ke rumah yang bersangkutan untuk meminta agar tidak ada yang datang, dan pihak keluarga juga telah membongkar tenda untuk acara,” ujar Rizal.

Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, yang bersangkutan telah melakukan swab test sebagai kontrol.

Meski menurut Permenkes 413 Tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan penanggulangan, bahwa swab kontrol setelah 10 hari menjalani isolasi mandiri tidak diatur.

Namun karena permasalahan ini menjadi perhatian masyarakat banyak, maka dianjurkan untuk swab test.

Supaya tidak ada keresahan di masyarakat.

“Jadi kita menunggu hasilnya besok (Rabu, Red). Mudahan negatif, supaya tidak ada lagi keresahan,” ungkap juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Balikpapan itu.

Kemudian, Dinas Kesehatan juga telah meminta Puskesmas Klandasan Ilir dan Sumber Rejo untuk membuka layanan rapid test.

“Karena Klandasan Ilir merupakan kelurahan domisili penganten perempuan dan Sumber Rejo domisili penganten pria,” tuturnya.

Wanita yang akrab disapa Dio itu juga menjelaskan, bahwa pihak yang telah melakukan swab test sehari setelah resepsi tersebut, meskipun mendapatkan hasil swab test negatif, agar tetap melakukan isolasi mandiri.

Karena seperti diketahui, masa inkubasi virus Corona di dalam tubuh bisa sampai 14 hari.

“Jadi misalkan kontak erat tanggal 5 Desember, lalu swab test tanggal 6 dan hasilnya negatif, itu dinilai terlalu cepat,” ucap Dio.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *