background img

PENDAFTARAN CALON KEPALA DAERAH BISA DIPERPANJANG

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan memperpanjang jadwal pendaftaran calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020, apabila hingga batas waktu hanya satu calon yang mendaftar.

Sesuai dengan jadwal Pilkada serentak waktu pendaftaran calon kepala daerah dimulai dari tanggal 4 hingga 6 September 2020.

“Kalau hanya ada satu calon yang mendaftar, maka kami akan tambah waktunya,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha ketika diwawancarai wartawan, Jumat (4/9).

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 menyebutkan apabila dalam proses pendaftaran ternyata hanya ada satu calon yang mendaftar, maka KPU akan mengambil langkah untuk memperpanjang jadwal pendaftaran calon kepala daerah.

Jadwal pendaftaran calon kepala daerah akan diperpanjang selama 6 hari. Selama 3 hari KPU akan melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penambahan waktu proses pendaftaran dan 3 hari untuk membuka kembali jadwal pendaftaran.

“Dalam hal ternyata yang mendaftar cuma 1 maka dalam 3 hari KPU akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu, baru kita buka lagi pendaftaran selama 3 hari,” ujarnya.

Namun apabila setelah dilakukan penambahan waktu pendaftaran, hanya tetap satu calon yang mendaftar, maka calon tersebut akan ditetapkan sebagai calon tunggal.

Hal tersebut akan ditetapkan dalam surat keputusan tersendiri yang diterbitkan oleh KPU sebagai penyelenggara pelaksanaan Pilkada.

“Keputusan tersebut akan dibuatkan dalam surat keputusan tersendiri, yang jelas penetapan tersebut tidak akan mengganggu jadwal proses pelaksanaan persiapan Pilkada di Kota Balikpapan,” ujarnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *