background img

PENCURI ROKOK SEKARUNG DIBEKUK

11 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pelarian pencuri rokok sekarung yang terjadi di sebuah toko kawasan Pasar Pandansari, Balikpapan Barat (Balbar) pada Minggu (2/1) lalu akhirnya terhenti.

Pelaku belakangan diketahui berinisial GY (47), seorang buruh bangunan beralamat di Batu Ampar, Balikpapan Utara (Balut). Ia dibekuk oleh jajaran Polsek Balikpapan Barat tanpa perlawanan pada Minggu (2/1).

Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto menjelaskan, setelah mendapat laporan dan viralnya video aksi tak terpuji tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

“Di lokasi, anggota melihat ulang rekaman di CCTV. Dari situ kami kantongi identitas tersangka, dan selanjutnya melakukan pencarian tersangka,” kata Totok saat pers rilis pengungkapan kasus, Selasa (4/1).

Pelaku pun berhasil ditangkap di daerah Pelabuhan ITCI setelah berniat melarikan diri. Karena mengetahui dirinya viral di media sosial.

“Dia sudah mau melarikan diri dan kami berhasil amankan di Pelabuhan ITCI. Kemudian kembangkan barang bukti dan tersangka dibawa ke Polsek,” ungkapnya.

Hasil pengembangan, rupanya pelaku tak beraksi sendirian. Dia melakukannya bersama adiknya yang saat ini ditetapkan sebagai Daftar Percarian Orang (DPO). “Satu pelaku lainnya dalam pengejaran, sudah masuk DPO,” tuturnya.

Dari pengakuan pelaku, aksi tersebut baru satu kali dilakukan. Sebelum melancarkan aksinya ia bersama adiknya mengintip dan mengikuti korban terlebih dahulu.

“Saat korban lengah pelaku langsung mengambil rokoknya dan membawa pulang ke rumah berdua. Rokok tersebut sempat dijual. Ada sisa, kami sita untuk barang bukti,” ucapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP. Dengan ancaman kurungan penjara lebih dari enam tahun.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.