background img

PEMOHON SIM TAK PERLU PSIKOTES

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kabar baik untuk masyarakat Kota Balikpapan yang ingin mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Untuk sementara waktu, Satlantas Polresta Balikpapan membebaskan salah satu persyaratannya. Yakni surat kesehatan psikotes.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono. Dikatakan, hasil evaluasi seluruh Kasatlantas di Provinsi Kaltim (Polda Kaltim) pelayanan SIM setelah dibuka kembali akibat pandemi Covid-19, justru terjadi penumpukan di lokasi pembuatan surat kesehatan psikotes.

“Jadi hasil rapat seluruh Kasatlantas di Provinsi Kaltim kemarin ada kesepakatan dan dikeluarkan STR dari Direktur Lalulintas. Bahwasannya untuk selama Covid-19 ini dilakukan percepatan dengan mengurangi salah satu persyaratannya. Yaitu tidak perlu lagi menggunakan tes psikologi,” kata Irawan, Selasa (9/6).

Irawan menyebut, untuk tiga bulan terakhir di Satpras Polresta Balikpapan memiliki sedikitnya 16 ribu pemohon SIM yang belum terlayani. Sehingga diperlukan kebijakan percepatan tersebut. Kalau tidak akan terjadi perlambatan dan tidak akan maksimal. “Ada 16 ribu SIM yang belum tercetak. Itu bulan Maret, April dan Mei,” ujarnya.

Ditanya sampai kapan pembebasan syarat surat psikotes ini ditiadakan, Irawan mengaku belum bisa memastikannya. Sebab, setiap Spras Satlantas masing-masing Polres masih menunggu surat pemberitahuan lebih lanjut dari Direktur Lalulintas.”Masih menunggu petunjuk lanjutnya. Kita dalam pandemi ini harus tertib dalam menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Irawan berharap, dengan adanya kebijakan tersebut penerbitan SIM bisa meningkat dari satu Minggu pertama yang hanya mencapai dua ribu SIM.
“Satu minggu kemarin hanya bisa tercetak dua ribu. Kita masih ada tiga minggu lagi untuk mencetak 16 ribu. Semoga bisa meningkat di minggu kedua ini. Sehingga target penerbutan 16 ribu SIM hingga akhir Juni mendatang bisa terkejar,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *