background img

PEMKOT TERAPKAN ANTIGEN ACAK DI PELABUHAN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan menerapkan test antigen bagi pendatang untuk mencegah penyebaran Covid-19 pasca libur Lebaran.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, Hal itu, dilakukan sebab tingginya mobilitas masyarakat melakukan mudik saat perayaan Lebaran.

“Jadi nanti kita akan melakukan di Pelabuhan Semayang dan Kariangau. Insya Allah kita akan melakukan test antigen acak tanggal 7 Mei 2022. Namun untuk pelaksanaannya kita akan melihat jadwal kapal yang datang,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (5/5).

Ia menjelaskan, untuk jalur darat, pihaknya tidak akan melakukan test antigen acak. Begitu juga dengan Bandara. Sebab tidak ada penyekatan jalan. Jadi nanti test antigen acak hanya dilakukan di pelabuhan.

“Jadi memang kita akan melakukan random test antigen acak kepada masyarakat yang akan masuk dan datang ke Kota Balikpapan. Sehingga kita bisa mendeteksi secara lebih baik jika ada masyarakat yang masuk kota Balikpapan, bergejala dan berpotensi bawa Covid-19,” terangnya.

Zulkifli berharap, dengan dilakukannya test antigen acak tersebut, dapat mengantisipasi dan menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Balikpapan. Terlebih pasca libur Lebaran.

“Kita semua berharap, pasca libur Lebaran Idulfitri tahun ini, dapat berjalan aman, tidak ada penambahan kasus Covid-19 atau pun terjadi cluster baru di kota Balikpapan,” ujarnya.

Oleh karenanya, Zulkifli mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Selain itu, pihaknya meminta masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.