background img

PEMKOT HARUS PERKETAT IZIN PENGUPASAN LAHAN

9 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle meminta kepada pemerintah kota agar memperketat pengawasan izin pengupasan lahan.
Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak bencana banjir yang terjadi di Kota Balikpapan.
Menurut Sabaruddin, pemerintah kota harus membuat kajian dalam menyelidiki penyebab terjadinya banjir dari hulu hingga ke hilir. Sehingga persoalan banjir yang terjadi dapat diatasi.
“Hampir semua daerah di dunia ini terjadi banjir tapi itukan bisa diminimalisir. Banjir memang tidak bisa dihilangkan, paling tidak ada flashback ke belakang yang menjadi penyebab terjadinya banjir itu apa,” kata Sabaruddin kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Rabu (23/3).
Menurut Sabaruddin, pihaknya banyak menerima keluhan dari masyarakat, yang sudah tinggal di suatu daerah selama puluhan tahun, tapi tidak pernah terjadi banjir, tapi sekarang tiba-tiba kebanjiran.
Dengan kondisi seperti ini, ia menilai sudah ada indikasi human error, yang harus diselidiki oleh pemerintah.
Di antaranya menyangkut masalah tata ruang yang tidak maksimal, dengan memberikan izin kepada pengembang secara tidak selektif, dan hal ini yang perlu dikaji ulang bersama-sama.
“Tidak begitu mudah pemerintah kota memberikan izin kepada pengembang, harus benar-benar selektif. Amdalnya harus diperhatikan dengan begitu baik. Kalau itu semua sudah diberlakukan dengan baik dan ketika terjadi banjir kita tidak bisa lagi menyalahkan pemerintah, dan itu adalah murni musibah,” pungkasnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.