background img

PEMKOT BERI KELONGGARAN JAM OPERASIONAL ANGKUTAN BERAT

9 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan akhirnya memberikan kelonggaran kepada pengusaha angkutan berat untuk kembali melintas di wilayah perkotaan di siang hari.

Kebijakan tersebut diberikan terkait desakan dari sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).
Sesuai surat edaran Wali Kota Balikpapan, untuk truk dengan ukuran 10 roda ke atas hanya diperbolehkan melintas mulai pukul 22.00 Wita sampai pukul 05.00 Wita, untuk masuk ke dalam kota.
Kebijakan tersebut membuat pada pengemudi truk kesulitan mengisi bahan bakar. Karena para pengemudi harus menunggu jam 22.00 Wita untuk mengisi solar untuk angkutannya. Ketika sudah mengantre di SPBU, truk yang baru saja mengisi bahan bakar, tidak bisa kembali ke pool, sehingga harus menunggu 20.00 Wita lagi baru bisa jalan.
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan pembahasan dengan sejumlah instansi terkait, di antaranya Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim dan Dinas Perhubungan.
Rencana pemberian kelonggaran tersebut adalah salah satu upaya dari pemerintah agar perekonomian di Kota Balikpapan tetap berjalan. Karena notabenenya, Kota Balikpapan adalah kota jasa.
“Sudah dibahas, makanya akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu, dengan melibatkan Direktorat lalu lintas dan Dinas Perhubungan. Karena apapun bentuknya perekonomian di Kota Balikpapan ini harus tetap berjalan karena Balikpapan ini kan kota jasa,” kata Rahmad kepada wartawan usai menghadiri acara peringatan isra mi’raj di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (11/3).
Meski diberikan kelonggaran, lanjut Rahmad, setiap angkutan berat yang akan melintas di wilayah perkotaan di siang hari harus memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya wajib diberikan pengawalan.
Karena keselamatan pengendara itu menjadi hal prioritas utama.
“Kita akan beri kelonggaran tapi kalau memungkinkan, dengan salah satu syaratnya adalah harus ada pengawalan,” ujar Rahmad.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.