background img

PEMKOT AKAN BANGUN TPU DI BALTIM

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) terpadu baru di kawasan kecamatan Balikpapan Timur (Baltim).

Rencana ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang tinggal di kawasan Balikpapan Timur, yang selama ini kesulitan untuk melaksanakan proses pemakaman jenazah apabila harus dimakamkan di TPU Terpadu Km 15 Kecamatan Balikpapan Utara.

“Namun, dari segi letak lokasi ini menjadi masalah bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah Balikpapan Timur, karena dari segi jarak dan waktu tidak efisien (kejauhan). Sehingga ke depannya kita harus memiliki lagi TPU yang terpadu,” kata Kepala Disperkim Kota Balikpapan Ketut Astana kepada wartawan, Senin (7/6).

Ia menjelaskan, saat ini dari 32 TPU yang ada, 10 TPU di antaranya sudah ditutup dan hanya ada satu TPU Terpadu di kawasan Km 15 Kecamatan Balikpapan Utara.

Ia menjelaskan, TPU terpadu yang berada di wilayah Balikpapan Utara itu, hanya untuk wilayah Balikpapan Barat, Kota, Tengah dan Utara. Sedangkan untuk wilayah Selatan dan Timur dinilai terlalu jauh.

“Untuk luas TPU Km 15 itu kurang lebih 50 hektare, karena jumlah penduduk di wilayah tersebut sangat banyak. Jadi kalau kita ingin membangun TPU terpadu yang baru harus bagi duanya. Sekira 15 hektare, karena TPU terpadu baru nantinya hanya untuk wilayah Balikpapan Selatan dan Timur dan juga jumlah penduduknya tidak terlalu banyak,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya saat ini masih melakukan kajian untuk penentuan lokasi TPU terpadu ini. Ada beberapa lokasi yang bisa digunakan yakni wilayah Batakan, Teritip atau Gunung Tembak.

“Dengan adanya TPU terpadu baru tersebut, nantinya akan membantu apalagi nanti IKN sudah pindah, otomatis jumlah penduduk akan terus bertambah. Sehingga kita juga harus mempersiapkan hal itu ke depannya,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *