background img

PEMERIKSAAN DOKUMEN PCR DIFOKUSKAN DIGITAL

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas ll Balikpapan akan menerapkan sistem baru terkait validasi dokumen hasil test PCR Covid-19 di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, yang menjadi persyaratan penerbangan di tengah pandemi.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan M Zainul Mukhorobin. Dikatakan, pemeriksaan dokumen hasil test PCR bakal difokuskan dengan sistem digital.

“PCR nantinya ke sistem. Jadi ke depannya pemeriksaan akan dikroscek secara sistem melalui aplikasi Peduli Lindungi,” kata Zainul melalui sambungan seluler, Rabu (4/8) kemarin.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari lolosnya dokumen hasil test PCR palsu di Bandara. Pemeriksaan dokumen PCR saat ini masih dilakukan manual.

“Pemeriksaan saat ini manual. Deadlinenya mulai tanggal 20 Agustus sudah digital. Tinggal dibuka saja aplikasinya, enggak usah dokumen fisik lagi,” ungkapnya.

Untuk sistem, lanjut Zainul, sudah ada. Namun masih terkendala pada aplikasinya di lapangan, baik di laboratorium atau Faskes yang melakukan pemeriksaan PCR.

Itu harus terintegrasi ke dalam sistem new all record (NAR) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) “Kalau laboratoriumnya belum terintegrasi ke NAR ya enggak bisa,” ucap Zainul.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *