background img

PEMBELI BAWA KABUR MOTOR

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Malang benar nasib Eri Susianto (29), yang menjadi korban penipuan. Akibatnya, sepeda motor Yamaha R 15 nopol KT 2302 CD miliknya raib dibawa kabur pelaku.

Penipuan bermula saat korban hendak menjual sepeda motornya kepada seorang pria berinisial ASB (45).
Keduanya pun bertemu di Jalan Pelita II RT 12 No 90 Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan pada Jumat (23/10) sekira pukul 11.00 Wita.

Pelaku kemudian meminta korban memperlihatkan surat-surat kendaraan. Selanjutnya mereka pergi ke tempat foto copy untuk membeli kwitansi.

“Guna meyakinkan, pelaku ini pergi beli kwitansi untuk bukti transaksi. Rencananya motor dijual kepada pelaku Rp 30 juta,” kata Kapolsek Balikpapan Selatan, Kompol Harun Purwoko, Selasa (27/10) kemarin.

Setelah kembali dari tempat foto copy, pelaku berpura-pura pergi sebentar dengan membawa surat-surat serta motor korban.

“Pelaku bilang ke korban tunggu sebentar, saya mau ke depan. Pelaku juga bawa sepeda motor milik korban,” ujar Kompol Harun.

Korban pun mulai curiga. Sebab, ia menunggu pelaku di TKP sekian lama, namun tak kunjung kembali. “Nomor HP pelaku saat dihubungi juga sudah tidak aktif lagi,” ungkap Harun.

Karena tak kembali, korban melapor ke Polsek Balikpapan Selatan. Ditindaklanjuti oleh Tim Elang Borneo dengan melakukan penyelidikan.

“Hasilnya, didapati keberadaan pelaku yang sudah pindah ke daerah Samboja, Kutai Kartanegara,” ucapnya.

Tak butuh waktu lama, petugas pun berhasil meringkus pelaku pada Sabtu (24/10) sekira pukul 13.30 Wita di daerah Sei Seluang, Samboja, Kutai Kartanegara.

“Barang buktinya juga berhasil kita amankan dan sudah dibawa ke Polsek Balikpapan Selatan,” tandasnya.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 378 KUHP. Dengan ancaman pidana paling lama lima tahun penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *