background img

PEMBEBASAN LAHAN DAS AMPAL DIBATALKAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kondisi keuangan yang masih mengalami defisit, menyebabkan seluruh kegiatan pembebasan lahan termasuk proyek normalisasi DAS Ampal dibatalkan.

“Kemarin untuk pembebasan lahan DAS Ampal itu ada sekitar Rp 44 miliar, namun karena kondisi sedang defisit maka anggaran tersebut terpaksa dibatalkan, semuanya kita batalkan termasuk juga untuk proyek yang ada di Aji Raden. Hal ini dilakukan untuk menutupi kondisi defisit yang ada,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Amin Hidayat kepada wartawan, Kamis (19/8).

Menurutnya, sebenarnya kegiatan pembebasan lahan untuk proyek normalisasi DAS Ampal merupakan fokus utama dalam upaya penanggulangan masalah banjir yang terjadi di Kota Balikpapan, yang termasuk sebagai salah satu visi dan misi utama Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud.

Total anggaran yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan pembebasan lahan dalam proyek normalisasi DAS Ampal tercatat mencapai Rp 690 miliar, yang rencananya akan dialokasi bertahap setiap tahunnya.

“Karena anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan DAS Ampal ini cukup besar, berdasarkan perhitungan awal anggaran yang dibutuhkan untuk memastikan seluruh lahan yang akan digunakan untuk proyek normalisasi DAS Ampal ini tercatat mencapai Rp 690 miliar, karena kondisi anggaran sedang defisit lahannya dibatalkan maka yang dilaksanakan lebih pada fisiknya saja,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan karena besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan pembebasan lahan DAS Ampal, pihaknya juga masih mempertimbangkan untuk dimasukkan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022 mendatang.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *