background img

PEMBANGUNAN DUA SEKOLAH DITUNDA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan menunda rencana pembangunan dua sekolah pada tahun 2021 ini.

Penundaan itu dilakukan terkait kondisi keuangan daerah yang masih terdampak pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, kedua sekolah itu yakni satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Balikpapan Utara dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Balikpapan Barat.

“Kita prioritaskan untuk penanganan Covid-19, walaupun dua sekolah kita sebut sudah ada di DED-nya, SMP di Barat dan SD di Utara ditangguhkan,” kata Muhaimin ketika diwawancarai wartawan, Senin (1/2).

Ia menjelaskan, di tahun 2021 ini tidak ada kegiatan untuk pembangunan sekolah baru, yang dilakukan hanya sebatas penambahan ruang kegiatan belajar (RKB) di beberapa sekolah untuk mencukupi kebutuhan fasilitas belajar mengajar.

“Yang jelas ada pengurangan. Sekolah-sekolah baru itu tidak jadi semua karena kondisi anggarannya, karena memang anggaran yang terbatas ya terpaksa kita tunda dulu,” jelasnya.

Selanjutnya, rencana pembangunan kedua sekolah tersebut diharapkan dapat diakomodir dalam penyusunan anggaran berikutnya, baik di APBD Perubahan 2021 atau dalam APBD Murni Tahun 2022 mendatang.

Muhaimin menjelaskan, kebijakan untuk menunda rencana pembangunan dua sekolah ini tidak akan mempengaruhi ketersediaan fasilitas pendidikan yang ada di Kota Balikpapan, karena memang di tahun ini pihaknya akan tetap melanjutkan pembangunan RKB di beberapa sekolah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kita bersyukur juga memang kegiatan belajar mengajar saat ini masih dalam proses daring sehingga kekurangan fasilitas pendidikan di sekolah tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *