background img

PELUANG PEREMPUAN DI JMF MINIM

4 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Dari seribu limaratus lowongan kerja (loker) tersedia di Job Market Fair (JMF) yang dilaksanakan 14 hingga 15 Februari di Gedung Kesenian Balikpapan jalan Syarifuddin Yoes, ternyata peluang untuk perempuan sedikit.

Hal ini diakui beberapa pencari kerja yang mencoba memasukkan lamaran melalui JMF. Salah satunya adalah Dewi Sofia. Lulusan jurusan Hubungan Internasional ini mengaku peluang pekerjaan untuk perempuan di Balikpapan dirasakan sangat minim.

“Dari 6 bulan lalu saya mencari kerja, kebanyakan yang dibutuhkan laki-laki, dan perusahaan yang banyak membuka lowongan adalah bidang teknik atau tambang,” ujarnya saat diwawancarai KPFM di sela-sela acara JMF, Rabu (14/2).

Tidak hanya Dewi, Yuni juga mengalami hal yang sama. Bahkan beberapa kali dirinya ditolak oleh perusahaan yang membuka lowongan di JMF, karena tidak sesuai kualifikasi. “Saya juga sudah beberapa kali melamar tapi belum ada yang sesuai sampai sekarang,” keluhnya.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan Rosdiana mengatakan, ada 1.563 loker dari 47 perusahaan yang tergabung dalam JMF kali ini. Dan peluang untuk perempuan memang hanya 166 loker, sisanya didominasi oleh laki-laki. “Memang benar peluang pekerjaan untuk perempuan di JMF kali ini terbilang sangat sedikit yang dibutuhkan,” jelasnya.

Rosdiana menyebutkan, JMF kali ini perusahaan yang paling banyak mendaftar adalah dari sektor pedagangan, rumah makan, dan perhotelan, yakni sebanyak 15 perusahan. Di urutan kedua adalah perusahaan di bidang Jasa Keuangan dan Jasa Asuransi, yakni sebanyak 9 perusahaan.

“Untuk Jasa penyedia Migas, dan pendidikan sebanyak 13 perusahaan.¬†Sementara sektor usaha pertanian, perkebunan ada 3 perusahaan. Serta pertambangan ada dua perusahaan. Padahal yang paling banyak dibutuhkan sampai saat ini yaitu jasa pertambangan,” papar Rosdiana.

Harapannya, dengan adanya Job Market Fair ini, pengangguran yang ada di Kota Balikpapan bisa berkurang dan semua lowongan dapat terpenuhi. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *