background img

PELEBARAN TURUNAN RAPAK MULAI DIKERJAKAN

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebagai upaya untuk mencegah terulangnya kejadian kecelakaan maut, proyek pelebaran turunan bundaran Muara Rapak mulai dikerjakan.
Pengerjaan difokuskan pada kondisi jalan turunan tikungan dari Jalan Soekarno Hatta menuju jalan Ahmad Yani. Badan jalan di sekitar tikungan dilebarkan dari kondisi semula menjadi 5,8 meter.
“Untuk saat ini pengerjaannya sudah mulai dilaksanakan dan ditargetkan selesai pada Desember ini. Insya Allah, sesuai kajian kalau ini sudah selesai lajur tersebut bisa aman,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur, Junaidi, di Balai Kota Balikpapan, Rabu (7/9).
Ia menerangkan bahwa kondisi jalan yang sempit menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di kawasan Muara Rapak. Terlebih ketika ada kendaraan turun dari atas, dan banyak kendaraan yang stop di lampu merah.
“Kita akan melakukan perbaikan lengan simpangnya karena memang selama ini jalan di lokasi tersebut sempit, jadi ketika ada kendaraan dari atas, kemudian banyak sekali kendaraan yang ke arah Pertamina itu untuk jalur yang sebelah kirinya, jadi kita akan melakukan penambahan lajur,” jelasnya.
Untuk pelebarannya, menurut Junaidi, yang paling luas pasti pada tikungannya hingga mencapai 5,8 meter, panjangnya itu dari atas sekitar 700 meter. “Dari atas sekitar Hotel Mahakam, nanti bentuk jalanannya itu seperti trapesium, paling lebar di tikungannya sampai hampir 6 meter,” jelasnya.
Ia menuturkan bahwa total anggaran yang disediakan untuk pelebaran jalan tikungan ternyata mencapai Rp 13 miliar, yang dialokasikan seluruhnya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.
(MAULANA /KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.