background img

PELAYANAN RSPB KINI BERBASIS DIGITAL

3 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Pelayanan kesehatan era kekinian semestinya mulai menerapkan konsep integrated care, atau pelayanan terpadu. Pasien, tanpa kecuali, tertangani pada pelayanan berkualitas tinggi, cepat tepat dan efisien, terintegrasi, juga berkelanjutan untuk menghindari berbagai risiko kesehatan. Tantangan ini pun dijawab oleh manajemen Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB).

Tepat di hari ulang tahunnya ke-31, Rumah Sakit yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota, ini meluncurkan program baru, yakni pelayanan terhadap pasien dengan menggunakan sistem digital.

“Ini dilakukan untuk menanggulangi pelayanan yang lambat, yang selama ini dilakukan secara manual. Sistem informasi yang dilakukan secara manual akan bertahap beralih ke sistem digital,” kata Direktur RS Pertamina Balikpapan dr Syamsul Bahri saat disambangi manajemen KPFM, Rabu (4/4).

Syamsul menjelaskan, penerapan sistem informasi digital menjadikan semua informasi terintegrasi secara online dan rekam medis pasien akan tercatat secara real time. Hal tersebut memudahkan tim medis untuk mengakses data sehingga pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat dan tepat.

“Ini salah satu langkah untuk memotong rantai pengaksesan data. Selain itu, dengan tercatatnya seluruh data secara elektronik, maka penggunaan kertas menjadi berkurang (paperless) yang memberikan dampak positif bagi lingkungan,” ujarnya.

Syamsul menambahkan, untuk melancarkan pengoperasian sistem pelayanan berbasis digital ini, sebelumnya sudah dilakukan ujicoba dan sosialisasi kepada para pegawai RSPB agar terbiasa melakukan proses administrasi secara digital. Dengan harapan saat penerapannya bisa berjalan dengan maksimal.

“Sebelumnya sudah beberapa kali ujicoba, dan evaluasinya berjalan dengan lancar. Mudahan ke depan dengan pelayanan berbasis digital ini tidak ada lagi pasien yang mengeluh karena pelayanan yang lambat,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

 

Article Categories:
Health · News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *