background img

PELAYANAN PAJAK DI MASA PANDEM

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Selama pandemi Covid-19 segala hal dilakukan secara virtual atau online. Termasuk pelayanan pajak yang masih bisa diakses selama pandemi berlangsung, namun semua diarahkan menuju layanan online.

Hal ini disampaikan dalam program Bincang Pajak di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (20/10). Hadir di studio kali ini Syamsul Anwar selaku pelaksana KPP Pratama Balikpapan Timur, dan AR KPP Pratama, Alvian Dony Purwanto.

Syamsul menjelaskan, para wajib pajak (WP) tetap bisa berkonsultasi secara tatap muka dengan mengambil nomor antrean terlebih dahulu.

“WP bisa akses di kunjung.pajak.go.id karena di masa new normal ini jumlah pengunjungnya dibatasi, atau WP juga bisa konsultasi online melalui Account Representativenya masing-masing,” ucap Syamsul.

Dikarenakan pelayanan dilakukan secara jarak jauh, bisa ditemukan kendala.

“Terkadang keluhan WP terlalu kompleks, di mana para AR tidak bisa melihat kondisi eror yang terjadi di laptop atau PCnya, sehingga tetap diperlukan tatap muka agar permasalahannya selesai. Jangan lupa untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu sebelum datang ke kantor pajak,” jelas Alvian Dony.

Sejak awal Oktober 2020 telah diresmikan fitur terbaru yaitu efaktur 3.0. Dalam pembaharuan ini, prepopulated merupakan fitur terbarunya. Di situ PKP bisa melihat semua data PM yang dimiliki, lalu bisa memilih apakah mau dikreditkan atau tidak.

Syamsul menjelaskan, untuk update bisa dilakukan secara mandiri, tapi jika bingung bisa segera datang ke KPP dengan mengambil nomor antrean online terlebih dahulu. “efaktur 3.0 ini sangat memudahkan PKP.

Pelaporan SPT masa PPN bisa dilakukan secara web based di web-efaktur.pajak.go.id, jadi segera update efakturnya karena aplikasi lama sudah tidak bisa digunakan lagi,” tambahnya.

Mengenai insentif pajak yang sudah berjalan sejak April 2020 dan berakhir September 2020, dalam kesempatan ini diberitahukan bahwa diperpanjang hingga Desember 2020.

“Insentif pajak diperpanjang hingga Desember 2020, maka diimbau untuk para wajib pajak agar tetap tertib melakukan pelaporan pajaknya. Maksimal tanggal 20 bulan berikutnya,” ujar Dony.

Jika wajib pajak ada yang belum menginstal e-faktur 3.0 bisa segera akses di efaktur.pajak.go.id. Jika mengalami kendala bisa segera hubungi AR dan bisa follow Instagram @pajakbalikpapantimur atau Kring Pajak 1500200. (*)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *