background img

PELABUHAN DAN BANDARA DIPERKETAT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Memasuki musim liburan akhir tahun 2020, Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan memperketat pengawasan lalu lintas penumpang di kawasan bandara dan pelabuhan.

Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat ketika memasuki liburan panjang perayaan Natal dan tahun baru 2021. Di antaranya dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pendatang baik dari dalam atau luar negeri.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan Pemerintah Pusat yang melakukan pembatasan sementara kedatangan warga negara asing (WNA) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Meski di Kota Balikpapan, saat ini sudah ada lagi penerbangan yang melayani rute internasional.

“Terkait kebijakan pemerintah untuk melakukan pengetatan terhadap kedatangan warga negara asing, saya kira Balikpapan tidak masalah, karena memang pada dasarnya Balikpapan juga tidak ada penerbangan internasional. Kalau pun ada, mereka masuk ke Indonesia itu melalui jalur Jakarta, Surabaya atau Bali, sehingga kalau masuk ke Balikpapan juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat keberangkatannya sebelum sampai ke Balikpapan,” kata Rizal kepada wartawan, Rabu (30/12).

Meski demikian, pihaknya akan tetap meningkatkan pengawasan terhadap penumpang yang datang dari luar Kota Balikpapan, sebagai upaya pencegahan terhadap potensi peningkatan kasus Covid-19 pasca liburan panjang di akhir tahun 2020.

Dengan memperketat pengawasan penerapan rapid test antigen atau PCR sebagai syarat masuk ke wilayah Kaltim, sesuai dengan surat edaran Gubernur Kaltim.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *