background img

PEDAGANG PASAR UJI SWAB MASSAL

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Untuk mengantisipasi laju penyebaran virus Corona atau Covid-19,
Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan menggelar uji swab tes cepat molekuler (TCM) massal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, pihaknya saat ini memiliki sebanyak 800 lebih alat test swab yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan uji swab secara massal. 480 alat test swab tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Kemarin kita menerima sebanyak 480 alat swab dari Pemerintah Provinsi, kalau ditotal dengan yang kami miliki maka jumlahnya menjadi 800,” kata Dio kepada wartawan, Rabu (24/6).

Saat ini, menurut Dio, pihaknya masih mempersiapkan sejumlah tenaga pendamping yang akan dilibatkan pelaksanaan swab test massal ini. “Kita sedang melatih tenaga pendamping untuk melaksanakan pelaksanaan swab test massal ini sampai hari Jumat mendatang,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk tahap awal, pelaksanaan swab test massal ini akan dilaksanakan di pasar tradisional. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti adanya temuan pasien positif dari salah satu pedagang pasar di Kota Balikpapan.
Untuk menyukseskan pelaksanaan swab test massal ini, pihaknya saat ini sedang melakukan upaya sosialisasi ke sejumlah pedagang pasar sehingga pelaksanaannya dapat dilakukan secara maksimal.

“Untuk sasaran awal adalah pasar, sehingga kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak agar pelaksanaan swab massal ini dapat diterima dengan baik,” jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan rencana yang telah dibuat, pelaksanaan swab massal ini akan dilakukan pada hari Senin atau Selasa pekan depan.
“Untuk melihat respon pedagang pasar agar menjadi lebih baik, kita targetkan Senin atau Selasa pekan depan,” tambahnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *