background img

PASPOR UMRAH DISTOP

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan untuk sementara waktu tidak mengeluarkan rekomendasi pembuatan paspor ke Imigrasi bagi calon jemaah umrah.

Hal itu menyusul adanya kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi yang melarang masuk warga dari 20 negara termasuk Indonesia, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kasi penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Balikpapan Rivani, membenarkan hal tersebut. Dikatakan, untuk pembuatan paspor para calon jemaah memang harus ada rekomendasi dari Kemenag.

Namun, dengan adanya penutupan dari Pemerintah Arab Saudi sampai dengan waktu yang belum ditentukan, untuk rekomendasi paspor pun sementara dihentikan.

“kita setop dulu. Itu berlaku mulai hari ini,” kata Rivani saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Kamis (4/2).
Rivani menjelaskan, kebijakan ini untuk masyarakat umrah yang paling pertama menjadi perhatian. Salah satunya pasti jadwal keberangkatan.

Terkait hal itu, sudah ada beberapa travel yang memang menjadwalkan keberangkat di bulan Februari dan Maret 2021 ini. Karena saat itu memang belum ada informasi penutupan.

“Namun dengan adanya penutupan itu, sehingga kita juga hentikan. Karena rekomendasi yang kami keluarkan dengan jemaah itu berangkat maksimal enam bulan. Mereka harus diberangkatkan,” ungkapnya.

Ditanya soal jemaah yang tertunda keberangkatannya, Rivani menyebut jika hubungannya dengan travel. Kemenag hanya melakukan pengawasan. “Itu hubungannya dengan travel,” tuturnya.

Sementara bagi mereka yang sudah mendapat rekomendasi pembuatan paspor dari Kemenag sebelum ada informasi penutupan, tetap masih bisa mengurus ke Imigrasi untuk kelengkapan keberangkatan.

“Hanya saja terkait dengan waktu berangkatanya, karena ada penutupan otomatis tidak bisa berangkat dulu,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *