background img

PASLON PILGUB BELUM BOLEH KAMPANYE 

4 years ago written by

BALIKPAPAN – Meski telah memasuki masa kampanye sejak 15 Februari 2018 lalu, seluruh pasangan calon (paslon) Pilgub Kaltim belum bisa melakukan kampanye. Ini ditegaskan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Moh Syamsul Hadi usai menghadiri acara sosialisasi KPID Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Selasa (20/2).

Alasannya, seluruh paslon tersebut belum menyetorkan jadwal kampanye ke KPU Kaltim.

“Sampai dengan hari ini, KPU belum mendapatkan laporan dari paslon tentang di mana mereka (seluruh paslon) melakukan kampanye tersebut. Walaupun saat ini sudah masuk kampanye, para paslon belum bisa berkampanye karena jadwal kampanye belum masuk ke KPU,” jelasnya.

Dijelaskan Syamsul, kewajiban paslon untuk menyetorkan jadwal kampanye sebelum berkampanye telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye.

“Jadi, paslon sebelum melakukan kegiatan kampanye harus memberitahukan kepada KPU, jadwalnya, tempatnya, kemudian siapa saja yang akan diikutkan sebagai petugas kampanye itu,” imbuh Syamsul.

Jika ada paslon yang sudah melakukan kampanye sebelum menyetorkan jadwal kampanye, maka hal tersebut melanggar. “Kalau ada seperti itu akan kami beri teguran,” kata mantan komisioner KPU Bontang itu.

Untuk diketahui, seluruh paslon harus melaporkan jadwal kegiatan kampanye kepada KPU Kaltim. Walaupun kampanye dilakukan di wilayah kabupaten/kota, jadwal kampanye harus tetap dilaporkan ke KPU Kaltim.

“Semua jadwal harus dilaporkan. Kalau kampanye dilakukan di kabupaten/kota, tetap disampaikan ke KPU Kaltim, nanti kami tembuskan ke KPU kabupaten/kota,” pungkas Syamsul. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *