background img

PASIEN ISOMAN BAKAL DIJEMPUT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pasien positif virus Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah akan dipindahkan ke tempat isolasi terpadu (isoter).

Hal itu sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Balikpapan belum lama ini.

Kapolri menyarankan agar masyarakat yang isoman di rumah mau dirawat di tempat isoter yang sudah disiapkan pemerintah.

Menurutnya, fasilitas kesehatan ditempat isoter tentu jauh lebih lengkap. Kemudian tenaga kesehatannya juga pasti selalu ada, serta perawatan pasien bisa lebih intensif.

Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan pun dibantu aparat siap melakukan penjemputan bagi pasien yang isoman. Namun tidak semua, hanya pasien yang tempat isomannya tidak layak atau sesuai dengan standar.

Demikian disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Selasa (10/8) di Mako Polresta Balikpapan.

“Mulai hari ini, warga yang melakukan isoman kemudian rumahnya tidak layak kita akan jemput. Tentunya dengan bahasa yang baik,” kata Rahmad kepada wartawan.

Wali Kota Balikpapan itu menyebut, isoter yang telah disiapkan pemerintah seperti Embarkasi Haji, hingga Grand Tiga Mustika tentu jauh lebih layak. Dari makanan, kesehatan, hingga fasilitas dijamin.

“Jadi, kalau ada warga atau saudara kita yang isoman enggak usah ragu untuk ke isoter. Fasilitas kita jauh lebih baik dan layak. Sehingga upaya kita untuk memutus mata rantai penularan kasus bisa tercapai sesuai instruksi dari pusat,” ungkapnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak juga menyampaikan hal serupa. Pasien isoman yang dijemput hanya yang tempat isomannya tidak layak berdasarkan penilaian tim Satgas.

“Kita akan bicarakan baik-baik dengan pasien. Karena di daerah lain itu sudah dijemput. Terutama pada pasien yang menurut penilaian tim tempat isomannya tidak layak,” ucapnya.

Langkah memindahkan pasien isoman ke fasilitas isoter ini untuk memutus rantai penularan kasus. Sebab, tak ada jaminan kepatuhan pasien isoman saat berada di rumah.

“Kalau isoman di rumah nanti kasus tidak turun-turun. Hari ketiga keempat bisa jadi keluarga tertular juga,” tandas Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *