background img

PASIEN COVID-19 GEJALA RINGAN DILARANG DIRAWAT RS

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan tidak diperbolehkan untuk dirawat di rumah sakit.

Pemerintah tidak akan membayar biaya yang ditagihkan oleh rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 bergejala ringan atau positif tanpa gejala.
“Rumah sakit tidak akan dibayar oleh Kementerian Kesehatan apabila merawat pasien yang bergejala ringan. Termasuk juga melalui program BPJS Kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio kepada wartawan, Selasa (8/3).
Menurut Dio, sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan bahwa pasien Covid-19 yang tidak bergejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.
Lalu, pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi di tempat isolasi terpadu atau isoter yang disediakan oleh pemerintah.
Sedangkan untuk pasien Covid-19 yang mengalami gejala berat akan diarahkan untuk dirawat di rumah dan.
Kebijakan ini telah disampaikan kepada rumah sakit, apabila menemukan pasien yang tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri, sedangkan bergejala ringan agar mengikuti isoter.
“Jadi semuanya itu tergantung dari kondisi, yang tidak bergejala itu isoman, yang bergejala ringan itu masuk isoter di Embarkasi Haji dan Tiga Mustika. Sedangkan yang bergejala berat itu di rumah sakit. Hari ini harus benar-benar dipahami oleh masyarakat. Jadi kalau ada pasien yang datang ke IGD dan dia hanya bergerak ringan, diharapkan kepada rumah sakit untuk mengarahkan ke isoter,” jelasnya.
Kebijakan ini juga diterus kepada puskesmas agar menyampaikan informasi ini kepada masyarakat, agar masyarakat memahami bahwa pasien yang bergejala ringan tidak dirujuk ke rumah sakit.
“Semua masyarakat harus paham dengan kondisi ini. Dan masyarakat juga harus paham bahwa terkait tanda-tanda yang ada pada dirinya termasuk komorbid, pada lansia arahkan rumah sakit,” tuturnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.