background img

PANWASLU CEGAH POLITIK UANG DAN SARA

4 years ago written by

BALIKPAPAN – Sebanyak 16 partai politik di Kota Balikpapan ramai-ramai berkomitmen untuk menolak sikap money politic dan politisasi SARA pada Pilgub Kaltim, Juni 2018 mendatang. Komitmen tersebut diikuti sejumlah instansi pemerintah terkait, bersama beberapa organisasi mahasiswa.

Sikap tersebut secara simbolis diwujudkan melalui Deklarasi Tolak Money Politic & Politisasi SARA yang digagas Panwaslu Kota Balikpapan. Acara ini dilangsungkan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, jalan ARS Muhammad, Rabu (14/2).

Hadir pula Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta dan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam deklarasi tersebut.

“Politik uang ini sering digunakan pada saat perhelatan demokrasi, misalkan di Pilkada atau Pemilu Legislatif. Dan sesuai arahan Bawaslu RI bahwa serentak tanggal 14 ini, secara nasional bagi daerah yang melaksanakan Pilkada maka harus melaksanakan deklarasi tolak politik uang dan politisasi SARA,” kata Ketua Panwaslu Kota Balikpapan Ahmadi Azis usai deklarasi.

Ahmadi menjelaskan, dua hal tersebut yang menjadi perhatian dalam mengawal jalannya demokrasi pada konteks Pilkada.

“Terkait politik uang, kita ketahui bahwa sudah banyak kepala daerah yang tersangkut korupsi. Kenapa? Karena pada saat melakukan kampanye mengeluarkan biaya yang tinggi. Sehingga saat terpilih, begitulah (korupsi). Caranya mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan saat kampanye. Itu salah satu dampak dari politik uang. Kemudian mengenai isu SARA. Isu ini sangat sensitif dilakukan oknum kandidat atau di luar pasangan calon untuk memecah belah,” jelas Ahmadi.

Untuk diketahui, Panwaslu mulai mengintensifkan pengawasan sejak penetapan pasangan cagub dan cawagub, Senin (12/2) lalu. Di samping itu, Panwaslu juga telah melakukan beberapa persiapan pengawalan di antaranya apel siaga yang diikuti seluruh jajaran Panwaslu, mulai tingkat kota hingga kelurahan atau yang disebut PPL (Pengawas Pemilihan Lapangan). (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *