background img

PANJANG UMUR DENGAN BERKURBAN

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebentar lagi kaum muslim akan berjumpa dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Akan banyak kegiatan pemotongan hewan kurban. Terkait perayaan ini, dijelaskan pada Sajadah (Sajian Amal Ibadah) yang merupakan program mingguan di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, setiap Jumat pukul 10.00 wita.

Program bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Kaltim edisi Jumat 17 Juli ini menghadirkan narasumber ustadz Agus Khoirul Huda, Lc. Tema yang diketengahkan adalah Keutamaan Berkurban.

“Dengan berkurban kita merasakan ungkapan rasa syukur, di mana kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang sekitar. Terutama yang membutuhkan,” ucap ustadz yang aktif mengisi ceramah di sejumlah masjid Balikpapan ini. Disampaikan, silaturahmi juga akan terjalin jika kita merayakan Hari Raya Kurban ini. Karena dengan bersilatuhmi, kita sebagai manusia akan dilapangkan rezekinya, diberikan umur panjang, dan dijauhkan dari hal-hal yang buruk.“

Bahkan Allah akan mengampuni dosa kita serta meridhoi amalan yang sudah kita lakukan” tambahnya.Sebenarnya berkurban bukan untuk orang yang mampu, melainkan untuk orang yang mau melakukannya. Jika sudah mampu tetapi tidak memiliki kemauan untuk berkurban, maka ibadah ini tidak akan terlaksana.

Jika ingin berkurban bersama Dompet Dhuafa Kaltim, bisa segera akses ddkaltim.org/kaltim atau bisa langsung datang ke Kantor Dompet Dhuafa di kawasan Balikpapan Baru, depan Masjib Namira.

Tentang jumlah nama orang untuk satu hewan kurban, tidak perlu bingung. Sudah ada aturannya, bahwa 1 ekor sapi maksimal untuk tujuh nama. “Bahkan satu orang pun bisa berkurban dengan satu ekor sapi tanpa memasukkan enam nama lainnya.

Yang artinya satu orang bisa berkurban dengan lebih dari 1 hewan kurban. Tapi alangkah baiknya memasukkan nama orang-orang yang tidak mampu berqurban agar lebih bermanfaat,” tutupnya.Sesil/Kpfm

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *