background img

PANGKALAN TNI AL BALIKPAPAN UJI KESIAPAN TEMPUR

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk mengasah kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas pokok, Pangkalan TNI AL Balikpapan melaksanakan uji pangkalan dalam rangka Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2.

Kegiatan dinilai langsung oleh tim penilai Komando Latih (Kolat) Armada II. Bertempat di Kota Balikpapan dan sekitarnya. Berlangsung selama dua hari, pada 7-8 Juni 2021.

Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo mengatakan, latihan P-1 dan P-2 adalah untuk menguji sejauh mana kesiapan personel secara perorangan dan beregu maupun alat peralatan pendukung yang dimiliki.

“Dalam kegiatan kali ini Prajurit Pangkalan TNI AL Balikpapan telah melaksanakan latihan pendahuluan selama dua bulan untuk merefresh kemampuan dan mempertajam naluri tempur prajurit,” kata Kolonel Laut (P) Siswo Widodo dalam siaran pers yang diterima KPFM, Rabu (9/6).

Ada pun materi yang diujikan dalam kegiatan Glagaspur P-1 dan P-2 ini, di antaranya PUDD khas TNI AL, kebaharian, ujian tulis dan administrasi dokumen.

Kemudian PBB atau Peraturan Baris Berbaris, renang militer, evakuasi medis di air, latihan anti huru hara, antiteror dan sabotase, menembak pistol dan laras panjang serta latihan pertahanan pangkalan.

“Setiap materi yang diujikan dilaksanakan penilaian langsung oleh tim Kolat yang meninjau langsung dan menilai,” ungkapnya.

Kolonel Laut (P) Siswo Widodo mengaku bangga atas kerja keras seluruh prajurit Pangkalan TNI AL Balikpapan yang tak kenal lelah selama satu bulan mempersiapkan kegiatan latihan ini.

“Terimakasih juga kepada instasi terkait yang telah mendukung pelaksanan kegiatan ini, seperti Gegana dari Korps Brimob Polda Kaltim, KKP Balikpapan dan masyarakat Balikpapan,” tuturnya.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi tolak ukur dan menjadi acuan bagi seluruh prajurit Pangkalan TNI AL Balikpapan sebagai koreksi, apa saja yang perlu diperbaiki. “Dan ke depannya lebih ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *