background img

PANDANSARI DIALOKASIKAN 14 M

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana mengalokasikan dana mencapai Rp 14 miliar untuk membiayai renovasi Gedung Pasar Pandan Sari.

Rencana renovasi ini merupakan tindaklanjut terkait upaya penertiban PKL yang biasa berjualan di atas jalan dan trotoar di sekitar bangunan pasar.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan, pihaknya telah membuat konsep untuk menata keberadaan PKL pasca dilakukan penertiban
Konsep tersebut, lanjut Arzeadi, meliputi konsep jangka pendek yang akan mulai realisasi pada Oktober 2021 ini. Serta konsep jangka menengah dan panjang yang akan direalisasikan mulai tahun 2022 mendatang.

“Jadi tujuan kita bukan melarang mereka berjualan, tapi menempatkan mereka di tempat yang sebenarnya mereka harusnya berjualan,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, pihaknya akan menempatkan seluruh PKL dan pedagang yang ada di lantai 1 bangunan pasar. Tembok-tembok penutup yang ada akan dibongkar sehingga lebih terang dan nyaman.

“Kita sudah membuat konsep dan sudah disosialisasikan kepada semua pedagang yang ada, sehingga semua pedagang yang ada di Pandansari ini yang menempati fasum fasos itu bisa terakomodir,” tuturnya.

Untuk tahap pertama ini, lanjut Arzeadi, dalam program jangka pendek untuk mengakomodir semua PKL pihaknya berencana akan mengalokasikan dana sekitar Rp 1,2 miliar.

“Insya Allah, nanti Oktober ini kita sudah mulai jalankan untuk tahap pertama, jadi untuk pembangunan Pasar Pandansari. Konsep kita kedepan nanti akan mengakomodir semua PKL, semuanya ditempatkan di lantai 1 dan los-los yang tertutup ini kita akan buka semuanya biar terang,” tuturnya.

Ia menambahkan, ke depannya, Pasar Pandansari yang saat ini menjadi pasar induk di Kota Balikpapan, akan
memiliki konsep menjadi pasar modern, agar dapat tetap bersaing dengan pasar modern yang ada.

“Jangan sampai pasar rakyat ini kalah bersaing dengan keberadaan pasar modern, karena akan terlindas oleh waktu,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *