background img

ORI, BERINVESTASI SAMBIL MEMBANGUN NEGERI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan segala pembatasan yang diberlakukan, telah meningkatkan minat masyarakat untuk mencari investasi.

Namun masyarakat harus jeli dalam menentukan Investasi yang benar-benar aman dan dapat memberikan keuntungan.

Pemerintah Republik Indonesia baru saja meluncurkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel yaitu obligasi negara ritel seri ORI019. Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi lewat instrumen investasi tersebut.

Instrumen surat utang tersebut memiliki banyak keunggulan. Adapun salah satu keunggulan yang dijanjikan adalah instrumen investasi ini dijamin keamanannya.

“Kupon imbal hasilnya dan pokok itu sendiri dijamin oleh negara, sehingga isu tentang gagal bayar itu tidak ada sama sekali karena semua itu dijamin oleh negara,” kata Priority Banking Manager Mandiri Prioritas Balikpapan Ulul Azmi ketika menjadi narasumber dalam Talkshow di Radio KPFM 95,4 Mhz Balikpapan yang dipandu Sherly Keiza, Kamis (11/2).

Menurut Ulul, ORI adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh negara bagi masyarakat yang mengeluarkan dananya untuk dipergunakan oleh negara.

Dasar hukum penerbitan ORI itu sangat jelas sekali bukan abal-abal, dan semuanya dilindungi oleh undang-undang.

Negara telah menunjuk beberapa bank untuk bisa mendistribusikan ORI019 ini salah satunya adalah Bank Mandiri.
Masyarakat yang membeli ORI019 ini, lanjut Ulul, akan mendapatkan keuntungan ketika ada kenaikan harga dari ORI tersebut.

Selain itu, masyarakat juga bisa menjadikan ORI tersebut sebagai jaminan di bank ketika mengajukan pinjaman ketika membutuhkan modal usaha.

“Selain untuk berinvestasi, ketika kita membeli ORI ini adalah menjadikan diri kita untuk membantu berpartisipasi membangun negeri,” jelasnya.
Sementara itu, Relationship Manager Mandiri prioritas Balikpapan Oktaviani Olivia Sembiring mengatakan bahwa ketika masyarakat memesan ORI ini melalui Bank Mandiri tentu saja mendapatkan banyak keuntungan, karena memang Bank Mandiri ini adalah salah satu bank yang memiliki cabang terbanyak di Kota Balikpapan.
Menurutnya, dalam pemesanannya memang dilakukan secara online di menu SBN online Bank Mandiri, namun juga bagi masyarakat yang ingin memesan bisa juga langsung datang ke Bank Mandiri untuk dibantu memesan ORI019 ini.
“Persyaratannya yang diperlukan hanya KTP, untuk membeli ORI019 minimal pembelian adalah Rp1.000.000 dan maksimal sebesar Rp3 miliar, dengan tenor 3 tahun dan setiap nasabah akan menerima kupon atau bunga itu setiap 1 bulan sekali pada tanggal 15 dengan persentase mencapai 5,7 persen,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *