background img

NIAT IKHLAS AWAL MULA ILMU ADAB

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Berperilaku sopan dan santun kepada orang lain bisa membuat kenyamanan bagi orang di sekitar kita.

Apalagi jika kita menjaga kesopanan atau adab kepada sang pemilik hidup yaitu Allah SWT.

Hal ini disampaikan ustadz Khusnul Afif di program Sajadah radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (9/10). Tausiah singkat ini didukung Dompet Dhuafa Kaltim.

Tema tausiah kali ini Implementasi Adab dalam Kehidupan. Membahas seputar asal usul adab hingga tujuan utama manusia itu diciptakan.

“Saat janin berusia tiga hingga empat bulan, Allah SWT telah melakukan perjanjian dengan janin itu sebelum ditiupkan ruh.

Apakah calon manusia yang akan lahir ini siap untuk mengikuti segala perintahNya atau tidak.

Allah akan meniupkan ruh jika janin ini siap dan bertanggung jawab dengan perjanjian itu,” ujar ustadz yang juga menjadi terapis kesehatan herbal.

Dikatakan, adab adalah esensi dalam sebuah proses pendidikan.

Islam sudah memberikan referensi ilmu pendidikan untuk kehidupan umatnya melalui kitab suci Al Quran, dan nabi Muhammad SAW merupakan tauladan yang tidak ada duanya, serta bisa dicontoh oleh para umatnya.

Tujuan utama manusia diciptakan, lanjut Afif, adalah mencari ridho dari sang Pencipta agar kita senantiasa menjadi insan yang pandai bersyukur, selalu bersabar serta terus belajar untuk ikhlas. Karena niat ikhlas adalah awal mula dari ilmu kesopanan atau adab.

”Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang memiliki adab. Sesungguhnya eksistensi sebuah generasi adalah akhlak yang ada, jika akhlak itu hilang maka eksistensi umat juga akan hilang,” tutupnya.

(Sesil/kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *