background img

NARKOTIKA DOMINASI KASUS DI TENGAH PANDEMI

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Angka kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Balikpapan dilaporkan mengalami peningkatan di tengah situasi pandemi Covid 19.

Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Kota Balikpapan Nur Aeni B, SH mengatakan, berdasarkan laporan yang ditangani oleh Kejari Kota Balikpapan terjadi kenaikan jumlah kasus kriminalitas.

Dari sejumlah kasus yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Kota Balikpapan, sekitar 50 persen di antaranya didominasi oleh kasus narkotika.

“Memang terjadi kenaikan jumlah kasus kriminalitas ya selama masa pandemi begini. Mendominasi adalah masih kasus narkotika, dan memang hal ini selalu terjadi dari tahun ke tahun. Hampir 50 persen dari jumlah kasus yang ditangani oleh kejaksaan negeri itu adalah kasus narkotika,” katanya ketika menjadi narasumber dalam program Talkshow di Radio KPFM Balikpapan, Selasa (24/8).

Selain itu, ia menjelaskan terjadi juga kenaikan jumlah kasus kriminalitas yang melibatkan anak-anak, baik sebagai korban atau pelaku tindak kriminalitas.

Berdasarkan catatan dari Kejaksaan Negeri Kota Balikpapan, selama tahun 2020, jumlah kasus yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku tindak kriminalitas tercatat mencapai 15 kasus.

Sebagian kasus tersebut berupa tindakan kriminalitas berupa tindak pencabulan yang pelakunya masih anak-anak atau di bawah umur.

“Tindak pidana yang melibatkan anak atau tindak pidana yang dilakukan terhadap anak atau anak jadi korban itu juga tinggi. Di tahun 2020 saja, ada sekitar 15 perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri. Dari sebagian kasus yang melibatkan anak di bawah umur tersebut sebagian adalah kasus pencabulan yang pelakunya sendiri adalah masih anak-anak,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *