background img

NAMA RISTI UTAMI MENGUAT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Nama Risti Utami Dewi Nataris semakin menguat untuk menjadi calon wali kota Balikpapan mendampingi Rahmad Mas’ud. Setelah didukung oleh Partai Golkar dan PPP, Risti juga didukung oleh PDI (Partai Demokrasi Indonesia) Perjuangan.

Istri almarhum Tohari Azis tersebut disiapkan mengganti nama Budiono sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan. “Ini sudah diproses Wali Kota Balikpapan. Saat ini menunggu Surat Keputusan (SK) dari DPP PDI Perjuangan,” ucap Ketua

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kaltim Safaruddin kepada wartawan, Rabu (5/10).
Safaruddin menyebut keputusan penunjukan Risti itu berdasarkan pertimbangan matang dan sedang dalam proses persetujuan DPP PDI Perjuangan.

“Jadi sebentar lagi turun dalam waktu dekat, sudah saya telepon DPP SK-nya akan turun,” ujar Safaruddin kepada awak media.

Mantan Kapolda Kaltim ini menyampaikan alasan dipilihnya istri almarhum Thoha Aziz sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan karena melihat sosok perjuangannya saat kontestasi Pilkada Balikpapan saat itu yang telah berjuang bersama almarhum.

“Yang jelaskan dia kader PDI Perjuangan, yang bekerja kan juga Bu Risti sebetulnya, bersama Pak Thohari. Kan yang berkeringat dia. Gak boleh lah ambil keringat orang, jadi kan gak bagus,” tuturnya.

Pada saat penjaringan usulan dua nama bakal calon wakil wali kota Balikpapan, sebagai kader PDI Perjuangan Risti juga termasuk dalam usulan nama yang akan diajukan tetapi pada waktu itu belum siap.

“Memang sebelumnya ibu Risti yang kami ajukan tapi ibu Risti gak turun-turun. Akhirnya kami ajukan Pak Budiono gitu, ya dua orang itu salah satunya,” sebutnya.

Pertimbangan lain, tidak mengusung Budiono yang sempat digadang sebagai calon kuat menjadi pendamping Rahmad Mas’ud, Safaruddin melihat peluang Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan untuk maju pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 masih kuat.

“Pertimbangan karena Pak Budiono juga akan maju lagi di Pileg 2024 dan dia sekarang posisi Wakil Ketua DPRD, kalau maju, di situ harus mundur,” tutupnya.

PPP USUNG RISTI

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)juga memutuskan untuk mengusung Risti Utami Dewi Nataris. Ketua DPC Partai PPP Kota Balikpapan, Iwan Wahyudi mengatakan, sebelumnya pihak telah melakukan rapat kepada seluruh anggota partai dan hasilnya muncul satu nama yakni, Risti Utami Dewi Nataris sebagai calon wakil wali kota Balikpapan untuk mendampingi Rahmad Mas’ud.

“Ini bentuk rasa penghargaan partai karena bagaimanapun Risti inikan istri almarhum seorang wakil wali kota yang terpilih. Bisa dikatakan ini hasil keringat almarhum Thohari dan Risti. Itu bentuk penghargaan kami sehingga kami coba usulkan,” kata Iwan kepada wartawan, Kamis (6/10).

Menurutnya, untuk surat pencalonan nama Risti sebagai calon wakil wali kota dari DPP partai PPP saat masih dalam proses, mungkin dalam waktu dekat ini sudah ada.

Ia menjelaskan, pihaknya memilih Risti sebagai calon wakil walikota, karena melihat kesiapan Risti dalam berkolaborasi dengan wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud untuk membangun Kota Balikpapan menjadi lebih baik lagi.

“Ini sangat ideal, karena wali kota seorang laki-laki dan wakilnya seorang wanita. Karena wanita juga sangat dibutuhkan saat melakukan komunikasi dengan masyarakat dan memahami persoalan yang ada di tengah masyarakat. Sehingga untuk membangun Kota Balikpapan bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Hasil putusan dari DPC PPP tersebut selanjutnya akan dikirim ke DPW PPP dan DPP untuk mendapatkan persetujuan, selanjutnya akan diteruskan ke DPRD Balikpapan serta walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud.
“Doakan saja semoga dalam waktu dekat ini, surat persetujuan dari DPP PPP untuk Risti sebagai calon wakil walikota dari partai PPP sudah ada. Dan selanjutnya kita akan serahkan ke DPRD dan walikota,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.