background img

MUSEUM PRAMUKA SMPN 3 DIRESMIKAN

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kota Balikpapan menjadi yang pertama memiliki museum Pramuka di Kalimantan.
Bahkan museum yang bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kota Balikpapan ini, diklaim menjadi museum Pramuka yang pertama di Indonesia untuk di lingkungan SMP.
Kepala SMPN 3 Kota Balikpapan Eny Wahyuni menerangkan bahwa inisiasi dibangunnya museum Pramuka ini usai mengikuti sosialisasi dari Dirjen Kementerian tentang belajar di museum.
Dari arahan dari Kepala Perusahaan dan Arsip museum itu adalah bagian dari perpustakaan, yang bisa menjadi bagian sarana belajar.
Dan museum ini akan menjadi sumber belajar bagi siswa dan guru-guru yang ada.
“Inisiasinya ini muncul waktu ada sosialisasi dari Dirjen Kementerian tentang belajar di museum. Sehingga dari sosialisasi itulah kami muncul ide. Ternyata musim itu bisa sebagai tempat belajar,” kata Eny dalam kegiatan peresmian Museum Pramuka Aswawarman di SMPN 3 Kota Balikpapan, Selasa (6/9).
Direncanakan, untuk tahap pertama museum Pramuka akan membuka kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar. Dan juga Gudep-Gudep Pramuka yang ada di Kota Balikpapan.
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang hadir dalam kegiatan peresmian tersebut menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada SMP Negeri 3. Dan pembuatan museum Pramuka ini bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain.
“Kita juga berencana akan melakukan pengembangan beberapa museum, baik yang secara tertulis atau pun tidak. Termasuk kita juga berencana akan membuat museum khusus untuk perabotan-perabotan yang pernah digunakan oleh Walikota sebelumnya. Rencananya kita akan tempatkan di gedung parkir, atau nanti di tempat wisata seperti di pantai Manggar,” terangnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.